Babinsa Peroleh Bekal Komunikasi Sosial Oleh Motivator Ternama

oleh


Kudus, isknews. com – Ujung tombak TNI AD dibidang teritorial adalah babinsa. Dalam melaksanakan tugasnya, babinsa harus menguasai lima kemampuan teritorial. lima kemampuan teritorial diantaranya kemampuan cegah dini deteksi dini, temu cepat dan lapor cepat. Selain itu juga Babinsa dituntut untuk mempunyai kemampuan komunikasi sosial. Artinya, babinsa harus pandai ngomong, pandai berpidato, ceramah dan menguasai segala ilmu pengetahuan, penguasaan ilmu seni kepemimpinan sangat mempengaruhi keberadaan babinsa di lapangan.

“Agar masyarakat simpati dan percaya terhadap apa yang diucapkannya. Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki peran penting bagi masyarakat, baik dalam kerukunan hingga masalah ketahanan masyarakat. Bintara Pembina Desa (Babinsa) tidak pernah jauh dari masyarakat binaannya, oleh karena itu Babinsa harus senantiasa selalu berkomunikasi dengan masyarakat binaannya untuk menjalin silaturrahmi dan membahas hal-hal yang dapat membantu masyarakat”.

Demikian sekilas prakata yang disampaikan Komandan Kodim 0722/Kudus Letkol Czi Gunawan Yudha Kusuma, SE, MSP pada siang tadi sebelum melepas para Danramil dan Babinsa yang akan mengikuti acara “Pembekalan Komunikasi Guna Meningkatkan Sosial Dalam Rangka Mendukung Tugas Pembinaan Teritorial” oleh _Motivator Ulung_ Drs. Aqua Dwipayana, M.Ikom, di Aula Makorem 073/MKT Salatiga pada Kamis sore, 3 Agustus 2017.

TRENDING :  Impian Ngatini Untuk Miliki Rumah Layak Huni Jadi Kenyataan

Drs. Aqua Dwipayana M.Ikom memaparkan untuk meningkatkan prestasi, kinerja, dan citra yang baik, prajurit harus menyadari pentingnya berkomunikasi secara efektif dengan seluruh stakeholders. Hubungan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan tersebut dapat diwujudkan melalui beberapa cara yakni pencitraan yang TNI yang mengabdi untuk rakyat. Komunikasi yang baik, moral dan perilaku prajurit yang disenangi rakyat serta _Sense Of Belonging_ (rasa memiliki) rakyat terhadap TNI.

Disamping itu Drs. M.Ikom, Aqua Dwipayana juga menyampaikan tentang mensyukuri apa yang telah di berikan Tuhan YME kepada kita, termasuk diberikan kesehatan, pekerjaan, tempat kerja yang terjamin, menjadi anggota masyarakat yang terpilih untuk menjadi Prajurit maupun PNS, memiliki penghasilan dan wilayah kerja yang nyaman dan kekeluargaan, untuk itu kita harus bekerja secara ikhlas, cerdas serta mampu memberikan yang terbaik kepada keluarga, masyarakat maupun satuan.

TRENDING :  Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Ziarah Ke Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijaga

Kemudian dijelaskan, jangan pernah mau menyerah dan pasrah dengan segala kekurangan yang kita miliki, kita harus selalu intropeksi diri dengan kekurangan maupun kelebihan yang kita miliki sehingga akhirnya kita mampu memecahkan setiap permasalahan yang kita hadapi dengan mengevaluasi apa yang kita lakukan hari ini dan merencanakan apa yang harus dikerjakan esuk hari. Dengan demikian kita dapat melaksanakan tugas secara optimal.  Hal ini harus didukung oleh bagaimana kita bisa menjadi manusia yang kredibel dan bagaimana kita bisa melaksanakan komitmen TNI yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Dikatakan, untuk mengubah institusi jadi lebih baik dibutuhkan kemauan. Selain itu seorang pemimpin juga harus pandai dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan berbagai pihak, perubahan fisik yang membutuhkan banyak dana bisa terbantu dengan hubungan komunikasi yang baik. Drs Aqua Dwipayana berpesan, agar para prajurit TNI tetap mencintai pekerjaan mereka, selau jujur dan tetap bertanggungjawab terhadap suatu tugas atau pekerjaanya.

Diakhir ceramahnya Aqua Dwipayana menyampaikan mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyampaian yang kurang berkenan dan berharap agar silaturahmi ini terus berlanjut. Disamping itu suasana yang kondusif diwilayah Korem 073/MKT ini senantiasa kita semua jangan terprovokasi oleh hal-hal yang tidak penting yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

TRENDING :  Tingkatkan Kecerdasan Anak Dengan Gemar Makan Ikan

Sementara Danrem 073/MKT Kolonel Infantri Joni Pardede, S.Sos, MM dalam sambutanya mengucapkan banyak terima kasih kepada Sdr. Aqua Dwipayana atas kesediaanya dapat hadir di Makorem Salatiga sekaligus menyampaikan ceramah tentang motivasi kepada prajurit Korem 073/MKT dengan harapan _Ceramah motivasi ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta sumber daya keprajuritan guna mendukung keberhasilan  dalam pelaksanaan tugas, sekaligus sebagai sarana mempertebal semangat juang, disiplin, dedikasi yang tinggi sehingga nantinya diharapkan tumbuh persamaan dalam pola pikir, pola sikap dan pola tindak yang solid bagi segenap Prajurit dan PNS Korem 073/MKT.

KOMENTAR SEDULUR ISK :