​Jelang ”Tahun Duda” Angka Pernikahan Di Kecamatan Jekulo Meningkat Drastis

​Jelang ”Tahun Duda” Angka Pernikahan Di Kecamatan Jekulo Meningkat Drastis

Kudus, isknews.com – Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Jekulo, Kudus, mencatat jumlah pernikahan di Kecamatan Jekulo pada bulan ini meningkat tajam hingga 1.500 persen lebih dibandingkan bulan lalu. Tercatat hingga Jumat, 16 September 2016 sudah ada 289 calon pengantin yang mendaftar untuk dinikahkan. Sementara pada bulan Agustus hanya ada 19 pengantin yang sudah dinikahkan.

Kepala KUA Kecamatan Jekulo Nor Kholis saat ditemui isknews.com di kantornya mengatakan, lonjakan pernikahan pada bulan ini salah satunya masih dipengaruhi kepercayaan orang jawa, yang menganggap bulan Besar atau Dzulhijjah merupakan bulan baik untuk melangsungkan pernikahan.

Apalagi, katanya, ditambah dengan adanya kepercayaan yang menyebutkan tahun depan merupakan tahun duda. Sehingga banyak calon pengantin yang ingin menikah memilih bulan Dzulhijjah, sebab pada kalender bulan Dzulhijjah adalah bulan ke 12 atau terakhir.

BACA JUGA :  ​Silatnas & ​Ngaji Bareng Masyayikh, Hadiah 90 Tahun Madrasah TBS Kudus

”Bulan depan sudah berganti tahun yang artinya berdasarkan kepercayaan masyarakat jawa merupakan tahun duda, jadi banyak calon pengantin memilih bulan ini untuk melangsungkan pernikahan ketimbang harus menunggu satu tahun lagi yang dianggap terlalu lama,” imbuhnya, Jumat (16/9).

Kholis menambahkan, jumlah calon pengantin yang mendaftar terbanyak berasal dari Bulung Kulon dan Bulung Cangkring. Kemudian disusul Hadipolo, Tanjungrejo, dan Terban. “Desa lainnya rata-rata sama, tapi mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibanding bulan lalu,” pungkasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post