​Percikan Pemikiran Kaum Pesantren Lahirkan Buku “Santri Membaca Zaman” 

Kudus, Isknews.com – Sambut Hari Lahir (Harlah) ke-90 tahun Madrasah TBS  Kudus, Sejumlah Alumni memberikan Hadiah terbaik untuk madrasah tercinta dengan membuat Buku yang berjudul “Santri Membaca Zaman”. Buku tersebut berisikan 25 judul persembahan dari 25 Alumni TBS dari latar belakang dan profesi yang berbeda.

Buku “Santri Membaca Zaman” yang diluncurkan pada acara Silatnas TBS (23/7) ini berisikan 312 Halaman yang kehadirannya diharapkan menjadi pemanik bagi munculnya karya karya para santri baik.berupa buku, kitab, temuan-temuan sains yang selama ini masih terpinggirkan.”terang Nur Said editor buku Saat di temui Isknews.com di kediaman nya (24/7).

Sebagai buku yang lahir dari Percikan pemikiran kaum pesantren ini merupakan refleksi para santri dalam membaca ayat-ayat nya baik qauliyah maupun kauniyah, sehingga melahirkan serpihan serpihan ilmu dan sekaligus sebagai konstruksi ide yang bisa dijadikan alternatif acuan dalam mengembangkan pendidikan Islam di pesisir utara jawa ini.

Buku ini sekaligus menegaskan bahwa para santri sudah sepatutnya sebagai penjaga gawang Ahlussunnah Waljama’ah (Aswaja) untuk memagari nusantara agar teyap berdaulat dengan nuansa islam nusantara yang ramah dan toleran (tepa seliro) atau dalam bahasa aswaja sebagai islam yang tasamuh (toleran), tawazun (seimbang), tawasuth (moderat/jalan tengah), dan i’tidal (menegakkan keadilan).”tandasnya.
Lahir nya Buku ini diharapkan bisa memotivasi santri untuk membaca dan menulis sebagai nafas dari kehidupan santri nusantara, “Hal ini sekaligus sebagai uji nyali para santri dalam menyongsong 100 tahun madrasah TBS 10 tahun kedepan” pungkas Said, editor buku yang juga menjabat sebagai Dosen di STAIN Kudus.(Jvn)

Facebook Comments