​Perekaman Data E-KTP Warga Kudus Capai 70 Ribu Orang

oleh

Kudus, isknews.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus menginformasikan, perekaman data Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP) warga Kudus hingga pertengahan Juli 2016 mencapai 70 ribu orang. Namun hal itu dirasa kurang didukung dengan persediaan blanko E-KTP dari pemerintah pusat, karena daerah seringkali kehabisan blanko yang berakibat pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu.

Warga saat menunggu pembuatan E-KTP di kantor Disdukcapuk Kabupaten Kudus beberapa waktu lalu

Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Kepala Seksi Perekaman Data e-KTP Muhammad Soleh mengatakan, pihaknya mendorong Pemerintah Pusat untuk mempercepat pengadaan blangko E-KTP, supaya pelayanan tidak tersendat seperti beberapa waktu lalu akibat kehabisan blanko.

Pemerintah pusat, katanya, hingga saat ini belum bisa menyediakan blanko sesuai permintaan yakni sejumlah 70 ribu. “Selama ini kita hanya mendapat 5 ribu sampai 16 ribu blanko. Padahal yang kita butuhkan jauh di atas itu,” katanya.

Dia menambahkan, data di atas belum termasuk pemohon yang merubah status. Misalnya pindah penduduk, menikah, janda/duda dan sebaginya. Pihaknya berharap pemerintah bisa menyediakan blanko sesuai permintaan. Sehingga tidak ada lagi kelangkaan yang berakibat tersendatnya pelayanan di daerah. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :