​Pesona Dolanan Tradisional Untuk Pengembangan Karakter Anak

oleh

Kudus, isknews. com – Kemeriahan Warga Desa Jurang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus menggelar kegiatan Karnaval dan Pesona Dolanan Tradiaional Untuk Pengembangan Karakter Anak akan di jadikan agenda disetiap tahunnya, Minggu (20/8/2017).

Hal itu dilaksanakan sebegai bentuk kepeduliaan serta guna mengenang jasa para pahlawan dan memberikan sarana hiburan dan motivasi kepada warga.

Kegiatan pawai atau karnaval di Desa Jurang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus juga bertujuan agar warga  menyadari betapa pentingnya refleksi kemerdekaan bangsa Indonesia. Disamping untuk memeriahkan dan mengisi kemerdekaan, kegiatan juga dimaksudkan agar warga terus mengenang jasa-jasa para pahlawan. Sebab, kemerdekaan pada saat ini, dianggap tidak terlepas dari andil mereka dalam mengorbankan jiwa raganya untuk bangsa Indonesia.

TRENDING :  Sedekah Bumi Desa Slungkep Arak Gunungan dan Nasi Tumpeng

Kepala Desa Jurang Drs. Mifthakul Huda saat di temui isknews. com mengatakan, Acara ini adalah dalam rangka sedekah bumi serta peringatan hari kemerdekaan RI ke 72, saya berharap acara karnaval ini  tidak hanya bersifat seremonial saja. para warga pun memahami makna kemerdekaan yang sesungguhnya. “Artinya warga tidak luput dari pengetahuan tentang bagaimana proses kemerdekaan itu. Seperti betapa sulitnya kemerdekaan itu raih oleh para pendahulu kita. Sedangkan pada saat ini kitalah yang menikmatinya,” Ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Danramil Gebog Kapten Infantri Bashir melalui Babinsa Desa Jurang Sertu Suyoto menuturkan “Disisi lain diadakan karnaval kali ini ditujukan langsung ke para pemuda guna meningkatkan kekreativitasan dan kebersamaan pemuda itu sendiri. Dalam kegiatan itu juga, Babinsa Desa Jurang menekankan kepada generasi muda agar memiliki jiwa patriotisme yang tinggi di tengah tantangan kondisi sosial masyarakat.

TRENDING :  Dodit Mulyanto Buat Ratusan Warga Kudus Tak Bisa Nahan Tawa  

“Permasalahan ekonomi, sosial, dan politik jangan sampai menjadikan suatu kendala. Tetapi Alhamdulillah masyarakat sudah paham tentang permasalahan dan tugasnya sebagai warga negara yang baik. Tinggal bagaimana saat ini kita terus mengingatkan saja,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu warga Desa Jurang Faiz S.Pd mengungkapkan, merasa terhibur dengan adanya karnaval atau pawai kemerdekaan yang dilakukan oleh desanya. Ia menilai hal itu menandakan bahwa warga di sekitarnya memang memiliki kecintaan yang tinggi terhadap bangsanya.

TRENDING :  Dandim Pati Bersama Anggota Berikan Kejutan Pada Kapolres Pati di Momen HUT Bhayangkara Ke - 73

Kegiatan yang dimulai pukul 13:00 dengan mengambil start di halaman SDN 2 Jurang serta finishnya di Lapangan Desa Jurang dilanjutkan kegiatan pesona dolanan tradisional yang banyak memiliki manfaat untuk perkembangan anak yang terlibat langsung sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Dan apabila permainan modern dikombinasikan dengan permainan tradisional maka akan memberikan manfaat yang saling melengkapi bagi perkembangan anak, karena dalam permainan modern anak mendapatkan manfaat yang bersifat fisik, psikologis, dan aspek sosial.

Selanjutnya malam nanti di lapangan desa Jurang juga digelar hiburan Ketoprak Wahyu Samiaji dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Ke-72 dan Tradisi Sedekah Bumi.

KOMENTAR SEDULUR ISK :