​Puluhan Orang Tua Antar Anaknya Pada Hari Pertama Masuk Sekolah

Kudus, isknews.com – Hari pertama masuk sekolah di Kudus disambut positif para orang tua murid. Mereka sangat antusias mengantarkan anaknya masuk sekolah pada tahun ajaran baru 2016/2017, Senin (18/7). Hal ini tentu saja sesuai dengan harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, agar orang tua mengantar anaknya hari pertama masuk sekolah.

Meski orang tua dalam mengantar anaknya ke sekolah karena berbagai alasan. Di antaranya karena jarak yang cukup jauh dari tempat tinggal. “Saya tidak tega kalau melihat anak harus berangkat sendiri, karena jarak dari rumah cukup jauh,” kata salah satu orang tua murid SD 4 Getas Pejaten Maryati.

Apalagi kata dia, anaknya yang sebelumnya dari bangku TK ini, tidak mau ditinggal saat pertama kali masuk sekolah di SD. Sementara itu di SD 1 Getas Pejaten, puluhan orang tua juga nampak mengantar anaknya yang baru masuk kelas satu. Beberapa menunggu untuk memantau langsung anaknya yang tengah mendapat bimbingan dari wali kelas.

Kepala SD 1 Getas Pejaten Titik Subekti mengungkapkan, tahun ini sekolahnya menerima 40 siswa baru kelas satu. Para siswa baru itu diharapkan akan mampu beradaptasi dengan cepat, supaya kegiatan belajar mengajar lebih lancar.

Dia menuturkan, para siswa bersama orang tuanya datang pukul 07.00 WIB, kemudian saling ber halal bi halal di halaman sekolah. Selanjutnya para siswa masuk ke kelas masing-masing untuk diperkenalkan kepada para guru.

Dalam kesempatan itu, lanjut Titik, para orang tua juga mendapatkan masukan terkait persiapan anak ke sekolah. Seperti agar anak sarapan terlebih dahulu sebelum ke sekolah. Berangkat aekilah jangan dimepetkan waktunya, dibiasakan tiba di sekolah pukul 06.30 WIB.

“Dengan begitu kedisiplinan siswa akan terlatih. Selain itu ketika berangkat pagi juga bisa terhindar dari berbagai hal yang tidak dimungkinkan. Semisal kecelakaan akibat terburu-terburu,” jelasnya. (MK)

Facebook Comments