​Sepuluh Sekolah Terapkan Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2016/2017

Kudus, isknews.com Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Joko Susilo melalui Kabid Pendidikan Menengah Sriyati mengatakan, ada tambahan 10 sekolah dari SMA/SMK di Kudus yang menjalankan kurikulum 2013 (K-13) pada tahun ajaran 2016/2017. Sepuluh sekolah tersebut melengkapi delapan sekolah yang telah lebih dulu menerapkan K-13 pada tahun lalu.

Ilustrasi Kurikulum 2013. (ISK/MUKHLISIN)

Meski begitu, lanjut Sriyati, sekolah tidak bisa menerapkan K-13 di seluruh tingkatan. Hanya diperuntukkan kelas X saja, sedangkan kelas XI dan XII masih menggunakan kurikulum 2006. Sebab, apabila diterapkan di tahun kedua atau ketiga tentu dapat membuat siswa kebingungan.

Baca Juga :  Santunan Kematian Di Kudus Segera Cair

Selain itu, pemberlakuan K-13 juga harus diimbangi dengan persiapan yang sangat matang, baik itu kesiapan guru, murid, maupun sarana dan prasarananya sebagai penunjang dalam pembelajaran. Karena hal itulah pelaksanaan K-13 tidak bisa langsung diterapkan di seluruh sekolah, sebab membutuhkan persiapan matang dalam pelaksanannya. Adapun bagi guru dari sekolah yang menerapkan K-13 diwajibkan mengikuti diklat yang disediakan Kemendikbud, supaya dapat menerapkan K-13 dengan baik , tuturnya, Jumat (9/9).

Dirinya menambahkan, berdasarkan keputusan Kemendikbud kuota sekolah penyelenggara K-13 dibatasi dan mekanismenya melalui penunjukan. Namun, jika ada sekolah yang tidak ditunjuk tetapi ingin menerapkan K-13 dapat dilakukan secara mandiri. Peserta mandiri merupakan sekolah yang mengajukan K-13 dengan biaya dan pembinaan sendiri di luar program Kemendikbud, seperti SMA NU Al Maruf dan SMK NU Banat yang mengajukan secara mandiri pada tahun ini, pungkasnya.

Baca Juga :  Gebyar Parade Pelajar Dan Santri

Perlu diketahui, 10 sekolah yang menjalankan K-13 pada tahun ini di antaranya SMA 1 Jekulo, SMA 1 Gebog, SMA 2 Bae, SMK 2 Kudus, SMK 3 Kudus, SMK Taman Siswa, SMK Raden Umar Said, dan SMK Kristen Nusantara. Ditambah SMA NU Al Maruf dan SMK NU Banat yang mengajukan secara mandiri. Sebelumnya pada tahun lalu sudah ada delapan sekolah yang sudah menerapkan K-13, di antaranya SMA 1 Kudus, SMA 2 Kudus, SMA 1 Bae, SMK 1 Kudus, SMK Wisuda Karya, SMK NU Maarif, SMK Muhammadiyah, dan SMK PGRI Mejobo. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?