​Ternyata Ini Penyebab Listrik Di Kudus Sering Padam

​Ternyata Ini Penyebab Listrik Di Kudus Sering Padam

Kudus, isknews.com – Tiga hari terakhir banyak warga Kudus yang kecewa dengan pihak PLN, karena seringnya lampu padam. Padamnya listrik tidak hanya terjadi pada satu titik saja, tetapi hampir menyeluruh di setiap kecamatan. Laporan yang masuk ke PLN Kudus lampu padam terjadi di enam kecamatan yakni Jekulo, Dawe, Mejobo, Gebog, Kota, dan  Bae.

Koordinator Humas PLN Kudus kepada isknews.com menjelaskan, penyebab padamnya listrik tiga hari belakangan di wilayah Kudus didominasi masalah non teknis. Dia mencontohkan seperti yang terjadi di Klaling, Kecamatan Jekulo pada Rabu 27 Juli 2016, sebuah truk karena muatannya terlalu tinggi nyangkut kabel PJU yang terlalu rendah. Sehingga tiang PJU terseret menimpa kawat PLN hingga putus.

TRENDING :  Nonton bareng bersama lajnah falakiyyah NU, Rabu 09 Maret 2016, pukul 06.20 s/d 08.30 di Masjid agung Kudus

Akibat kejadian tersebut listrik di sebagian Kecamatan Jekulo menjadi padam cukup lama, karena perbaikan membutuhkan waktu lama. “Sedangkan truknya tidak bertanggungjawab atas kejadian itu, tapi masyarakat tahunya PLN yang salah padahal padamnya listrik karena non teknis bukan karena kerusakan sistem,” katanya, Jumat (29/7).

TRENDING :  Berjam-jam menunggu si tabung hijau.

Selain itu, lanjutnya, untuk daerah Mejobo padamnya lampu disebabkan karena ada suspension (isolator) pecah. Kecamatan Kaliwungu terjadi gangguan Recloser trip (padam) karena ada jumper trafo yang putus, nyangkut di jaringan TM mengakibatkan padam di Desa Blimbing Kidul. 

Tak hanya itu Kecamatan Dawe, Bae, Gebog, hingga Kota padam karena terjadi load seading, sehingga perlu pelimpahan beban terkait perbaikan Trafo di GI Kudus. “Upaya-upaya sudah dilakukan diantaranya Inspeksi jaringan dilakukan setiap hari, namun masih ada hal yang tidak bisa kita duga akan terjadinya gangguan,” imbuhnya.

TRENDING :  Pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Pusat IKKP 

Susanto menungkapkan, atas nama manajemen PLN Area Kudus meminta maaf kepada seluruh masyarakat Kudus atas ketidaknyamanan karena padamnya lampu. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga keandalan jaringan PLN khususnya di wilayah Area Kudus ini tetap terjaga dengan baik. Tentu dengan dukungan masyarakat juga ikut andil dan peduli listrik, gunakan listrik yang legal, ijinkan PLN untuk merimbas pohon yang sekiranya berpotensi terjadinya gangguan,” pungkasnya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post