‪#‎ISK_Bisnis‬ Melemahnya Mata Uang Rupiah. Siapa Yang DiRugikan?

by
isknews

 

UANG isknewsSolo, isknews.com – Kondisi perekonomian Indonesia saat ini memang sedang tidak baik. Pertimbuhan perekonomian Indonesia pada tahun 2015 tidak menunjukkan hasil yang menyenangkan. Pertumbuhan ekonomi melambat diangka 4,71 % pada kuartal 1 tahun 2015 dan 4,67% pada kuartal 2 dibawah target 5,4% – 5,8% pertumbuhan ekonomi. Hal ini menjadi faktor signifikan menyebabkan perlambatan pertumbuhan ekonomi karena nilai tukar rupiah yang semakin melemah.

Saat ini Indonesia masih mengandalkan sector impor. Dilihat pertumbuhan perekonomian yang semakin melambat, harga pangan mahal, hal tersebut juga salah satu dampak buruk akibat nilai rupiah yang semakin melemah. Apa sih yang menjadi penyebab masalah ini terjadi?
Hal ini terjadi saat negara Cina mendevaluasikan mata uangnmya. Artinya Cina membuat mata uang Negaranya tersebut yaitu Yen melemah terhadap dollar.

TRENDING :  Awal Yang Baik, Ramaikan Pasar Panggungrejo Dengan Festival

Tujuannya agar menguntungkan sektor perdagangan Ekspor Cina. Namun hal ini berdampak bagi negara lain terutama negara yang mempunyai hubungan kerjasama dengan Cina seperti Indonesia, Indonesia yang banyak mengimpor barang dari Cina jelas terkena imbasnya. Dan sebagian besar mata uang yang digunakan dalam perdagangan International adalah US $, otomatis hal ini akan mempengaruhi jika dollar semakin menguat akan berdampak pada mata uang negara lain dan hal tersebut juga akan mempengaruhi perekonomian negara tersebut.

TRENDING :  Festival Hujan 2016 DiSelenggaralan Lagi

KOMENTAR SEDULUR ISK :