​Jamaah Calon Haji Kudus Divaksinasi Meningitis

Kudus, isknews.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus melakukan vaksinasi meningitis kepada seluruh jamaah calon haji (Calhaj) Kudus. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari Selasa (2/8) hingga Rabu (3/8), di 19 Puskesmas yang telah ditunjuk di masing-masing Kecamatan.

Petugas Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) dokter Widiatmoko mengatakan, vaksinasi meningitis diwajibkan bagi seluruh calhaj guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, khususnya untuk mencegah penularan virus meningitis. Sehingga. “Vaksinasi ini bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh para jamaah. Karena disana (Makkah) nanti pada saat pelaksanaan bertemu dengan jamaah seluruh dunia, sehingga resiko penularan virus cukup tinggi,” katanya.

Baca Juga :  Hiiii Mirissss, DPRD Kabupaten Pati, Dapat Bingkisan Diduga Bom

Dia menambahkan, pemberian vaksin ada dua macam, yakni vaksin meningitis dan vaksin influenza. Hanya saja yang diwajibkan vaksin meningitis, sedangkan vaksin influenza tidak diwajibkan, tetapi sangat dianjurkan terutama bagi calhaj yang memiliki riwayat penyakit asma.

Widiatmoko menuturkan, calhaj usia lanjut tahun ini cukup banyak. Hal itu bisa jadi karena imbas antrean haji yang cukup lama, sehingga pada saat pemberangkatan memasuki usia lanjut. Pihaknya akan memprioritaskan jamaah yang sudah tua, karena berisiko cukup tinggi. “Sehingga penanganannya memang harus lebih diperhatikan,” jelasnya. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?