​Penilaian Wahana Tata Nugraha(WTN), Dorong Pemda Tingkatkan Pelayanan Transportasi

Kudus, Isknews.com – Kementerian Perhubungan RI setiap tahun mengadakan kegiatan penilaian terhadap Kota yang berada di wilayah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia termasuk kabupaten Kudus, terhadap pelaksanaan manajemen lalu-lintas dan pelayanan angkutan umum.
Hari ini, Kamis (28/07), bertempat di Pendopo Kudus pukul 09.00 – 12.00 Berlangsung Paparan Bupati Kudus dalam rangka Penilaian Penghargaan Wahana tata Nugraha (WTN) 2016 Kementrian Perhubungan Indonesia di Kab.Kudus
Dalam kesempatan itu, hadir Bupati  H.Musthofa, Ketua Tim Penilai, Ir. Mulyahadi, MSTR dari Ka Subdit Keselamatan Dirjen Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, dan Tristianto Wahyu Widodo, Atd Kasi MR Disbun Provinsi Jawa tengah.
Adapun tamu undangan dari SKPD, Muspida, Juru parkir (Jukir), Mahasiswa UMK, STAIN, sebagian SMA/SMK di Kudus. Paguyuban ojek dan Becak wisata.
Mulyahadi dalam Presentasi nya mengatakan jika di Kudus sebagian besar untuk kondisi jalan tidak ada yang berlubang, di sini (Kudus) sinergi antar instansi pusat dan daerah, kondisi marka jalan, penyediaan rambu jalan sudah cukup layak, dan dian menyarankan jika untuk Tata kelola tranportasi yang aman nyaman lebih di tingkatkan, bagaimana kordinasi dan komunikasi antara pusat dan daerah harus ada dan sejalan.
Klarifikasi kota kota Kudus untuk wahana tata Nugraha sebagai kota dengan kategori Sedang.”tandasnya.
Mulyadi menambahkan “Bagi Kota yang melaksanakan manajemen lalu lintas dan angkutan umum dengan baik akan memperoleh penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) yang diwujudkan dalam piagam, plakat atau piala tergantung prestasi yang didapatkan. Selain penghargaan tersebut, akan diperoleh pula anggaran kegiatan untuk mendukung sarana lalu lintas angkutan jalan terhadap kota yang bersangkutan.”Imbuhnya.

Baca Juga :  Sudah Pasti Dan Tinggal Serah Terima : Pengambil Alihan Pengelolaan Terminal Bus Induk Kudus Oleh Pemerintah Pusat

Kegiatan penilaian WTN ini bertujuan mendorong Pemerintah Daerah untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dibidang tranportasi dilingkungan perkotaan dengan memperhatikan antara lain pada prasarana dan sarana  jalan, angkutan umum dan fasilitasnya, perilaku kedisiplinan pengguna jalan serta pengurangan emisi gas buang kendaraan bermotor.

Selanjutnya telah diadakan kunjungan lapangan dengan melihat Kota Kudus dan fasilitas angkutan umum berupa terminal dan kendaraan angkutan umum yang berada di terminal. Tim Penilai mengadakan paparan hasil penilaian dihadapan Bupati Magelang beserta jajarannya. Pada paparan tersebut dikemukakan temuan-temuan yang secara umum. Hasil temuan yang dikemukakan pada umumnya pelayanan lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Kudus sudah baik.”tuturnya sambil menjelaskan proyektor kepada tamu undangan yang hadir.(Jivan)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?