​Puluhan Siswa KB/TK At-Tazkya Kudus Ikuti Latihan Manasik Haji

Kudus, isknews.com – Sebanyak 52 siswa KB/TK At-Tazkya Kudus mengikuti latihan manasik haji di Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Sabtu (17/9). Meskipun panas mulai menyengat tak menyurutkan semangat para siswa menjalankan latihan manasik haji.

Didampingi wali murid bersama para guru dan dibimbing dari perwakilan KBIH Kudus, satu per satu rukun haji dijalankan para siswa dengan riang gembira. Latihan manasik tersebut bertujuan untuk memperkenalkan rukun islam yang kelima yaitu haji, karena praktik empat rukun islam sudah dilaksanakan di sekolah.

Kepala sekolah KB/TK At-Tazkya Lilis Rahayu Wardani menuturkan, kegiatan latihan manasik haji ini merupakan serangkaian kegiatan pada bulan Dzulhijjah. Sebelumnya telah dilaksanakan penembelihan hewan kurban, Rabu 14 September 2016 di sekolah. Kemudian dilanjutkan latihan manasik di Alun-Alun hari ini, karena bertepatan dengan momen Idul Adha yang tidak lepas dari kurban dan haji.

Baca Juga :  ORGANDA KUDUS, " Penurunan Tarif Sebesar 3% Belum Efektif Berlaku "

Menurutnya, selain memperkenalkan anak tentang tata cara dan rukun haji, kegiatan ini juga sekaligus membentuk aqidah dan akhlak sejak usia dini. ”Harapan kami dengan adanya latihan manasik pada hari ini, ke depannya anak dapat mengerti dan memaknai keutamaan rukun islam ke lima tersebut,” ujarnya kepada isknews.com.

Terpisah salah seorang wali murid Mita menyambut baik latihan manasik haji yang diselenggarakan hari ini. Dirinya beranggapan kegiatan ini sangat positif, karena bisa menjalin tali silaturahmi antarsesama wali murid sehingga kenal satu sama lain

Baca Juga :  BHRD Kab. Kudus gelar Rukyat, Hasil hilal Belum terlihat

 ”Seneng banget tidak terasa capek meski acara berlangsung hampir tiga jam. Selain itu latihan manasik haji ini juga berguna untuk kita para wali murid, sekalian ikut belajar haji juga,” katanya.

Senada dengan Mita salah seorang siswa KB/TK At Tazkya Sayrifa Rizki Ainun mengungkapkan, sangat menikmati jalannya kegiatan dari awal hingga selesai. ”Kami senang sekali karena bisa mengerti cara berhaji,” jelasnya.

Latihan manasik KB/TK At-Tazkya dimulai pukul 07.00 WIB hingga 09.30 WIB. Para siswa terlihat antusias mempelajari tata cara dan rukun ibadah haji. Keceriaan terpancar di wajah mereka selama kegiatan berlangsung, meski di akhir acara rona kelelahan tampak jelas di wajah para siswa yang berusia dibawah lima tahun tersebut. (MK)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?