1000 Pohon Ditanam di Desa Tegal Sambi

1000 Pohon Ditanam di Desa Tegal Sambi

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Rombongan mahasiswa Universitas PGRI Semarang (Upgris) yang sedang melaksanakan  Kuliah Kerja Nyata (KKN)  melakukan penanaman 1000 pohon di Desa Tegal Sambi Kecamatan Tahunan Kabupaten Jepara, Jum’at (24/2/2017). Kegiatan ini sebagai upaya menjaga dan merawat lingkungan yang asri dan sekaligus turut serta berperan nyata membantu pemerintah dalam melakukan penghijauan lingkungan.

Kepala Desa Tegal Sambi Agus Santoso, bersama masyarakat setempat mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Upgris 2017 tersebut. Pemerintah desa selama ini turut aktif mengarahkan serta membantu program- program yang digagas oleh mahasiswa KKN Upgris untuk Desa Tegalsambi.

TRENDING :  PKL Kerja Bakti Di Simpang Tujuh

“Respon masyarakat sangat positif, semoga niat yang mulia seperti penanaman pohon ini bisa berguna dikemudian hari,” ungkap Agus, Jumat (24/2/2017).

Dalam pelaksanaan penanaman 1000 pohon yang digagas oleh mahasiswa KKN Upgris tersebut, dibantu oleh pemerintah desa setempat bersama anggota dari Polsek Tahunan dan Koramil Tahunan. 1000 pohon tersebut ditanam disepanjang 300 meter sungai Kembangan dan 1000 meter di sepanjang Sungai Sungapan.

TRENDING :  Pecahkan Masalah Sampah Pemkab Pati Bangun Sistem Sanitary Landfill

“Jenis tanaman yang kita tanam ada dua jenis, yakni 500 pohon tanaman keras seperti Mahoni, Jati dan Nangka dan jenis yang kedua adalah jenis tanaman buah seperti Coklat, Matoa juga Sirsat,” jelasnya.

Lebih lanjut Agus menyampaikan, dipilihnya dua sungai tersebut sebagai lokasi penanaman pohon dimaksudkan karena dahulu saat adanya normalisasi sungai, disana banyak pohon yang rusak dan mati akibat normalisasi.

“Ini salah satu upaya untuk penanaman pohon kembali. Harapan kami selain pohon-pohon tersebut nantinya berfungsi sebagai tempat penyimpanan air, juga agar disepanjang sungai tersebut bisa teduh, serta agar masyarakat sekitar bisa lebih nyaman,” katanya.

TRENDING :  Nelayan Pertanyakan Efektivitas Alat Tangkap Ikan Pengganti Cantrang

Tak hanya rombongan dari mahasiswa KKN Uprgris, Pemdes Tegal Sambi dan anggota Polsek serta Koramil Tahunan, dalam acara penanaman 1000 pohon tersebut juga dihadiri oleh wakil bupati Jepara Subroto yang turut memberikan apresiasi dalam peran serta menjaga lingkungan sekitar. Pihaknya mengatakan, kegiatan tersebut sangat positif karena pohon- pohon yang telah ditanam tersebut nantinya akan berguna untuk masyarakat sekitar. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*