12 Topeng Dadak Merak Ponorogo Sambangi Kabupaten Pati

oleh
Foto: Suasana Pentas Reog Ponorogo. (Arya Fylut/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Bertajuk “Singo Bolang Kertodiharjo Reog Ponorogo tour Se lndonesia” kali ini menyambangi Kabupaten Pati selasa (6/3/2018). Dengan membawa 12 topeng dadak merak, yaitu topeng berkepala harimau yang di atasnya terdapat bulu-bulu merak, dan masyarakat Indonesia mengenalnya dengan sebutan Reog Ponorogo.

Sanggar seni yang dipimpin oleh Tri Purnomo yang berasal dari Kabupaten Ponorogo Jawa Timur kali ini menggelar pentas di Pati, tepatnya di lapangan Ds.Pundenrejo, Kecamatan Tayu, Pati. Reog Ponorogo yang merupakan salah satu warisan budaya asli leluhur Negara Indonesia, pada tahun 2007 lalu pernah di klaim oleh Negara Malaysia.

TRENDING :  Dandim Pati Berbagi Bersama Abang Becak
Foto: Suasana Pentas Reog Ponorogo. (Arya Fylut/ISKNEWS.COM)

Sejumlah pertunjukan ditampilkan mulai dari Pagelaran seni Reog Ponorogo, Tari Jatiran, Tari warok Suro Menggolo, hingga atraksi berbahaya Debus Suro Menggolo, dan Tari Singo Barong Dadak Merak. Dimana tarian tersebut menceritakan tentang asal usul Seni Reog Ponorogo.

TRENDING :  Ratusan Petani Ketela asal Cluwak dan Dukuhsekti berunjuk rasa di depan kantor Perhutani

Salah satu pemain Reog Ponorogo Singo Bolang Kertodiharjo, Subandi kepada wartawan isknews.com mengatakan, “Kegiatan pentas seni Singo Bolang Kertodiharjo Tour Se Indonesia yang kita lakukan tak lain adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat, terutama generasi muda, bahwa Reog Ponorogo merupakan salah satu aset budaya bangsa Indonesia yang patut kita jaga keberadaanya,” jelasnya.

Foto: Suasana Pentas Reog Ponorogo. (Arya Fylut/ISKNEWS.COM)

Sementara itu salah satu pengunjung yang bernama Susi berasal dari kecamatan Cluwak, Pati, mengaku bangga, dan datang dengan anaknya untuk melihat dan mengenalkan seni budaya pagelaran seni Reog Ponorogo. “Saya datang kesini untuk melihat langsung Seni Reog Ponorogo dan mengenalkan kepada anak saya, bahwa Reog Ponorogo merupakan salah satu warisan kesenian budaya bangsa.” ungkapnya.

TRENDING :  Potong Jalan Akibatkan Laka Lantas di Jalan Jakenan - Winong

Meski cuaca cukup terik, namun tak menyurutkan antusias masyarakat sekitar untuk menyaksikan langsung pagelaran kesenian Reog Ponorogo. (WIK/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :