13 Ribu Warga Jateng Disasar KJS

13 Ribu Warga Jateng Disasar KJS

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebanyak 13 ribu warga Jawa Tengah hingga kini belum tersentuh jaminan sosial dari pemerintah. 13 ribu warga ini merupakan warga yang berhak menerima jaminan sosial karena berkebutuhan khusus, lansia maupun sedang sakit. Untuk itu, Pemerintah Propinsi Jawa tengah kini meluncurkan Kartu Jateng Sejahtera (KJS). Peluncuran KJS dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat gelaran Pesta Rakyat HUT Jateng di alun-alun Jepara, Jumat (25/8/2017).

TRENDING :  Nelayan Diminta Kawal Janji Calon Bupati

Ganjar mengatakan, KJS ini merupakan program dari Pemprov Jateng itu bertujuan memberi bantuan kepada masyarakat berkebutuhan khusus dan lansia, yang belum tercover bantuan sosial apapun. “Pemegang kartu akan mendapatkan Rp.250 ribu tiap bulannya dan dicairkan maksimal enam bulan sekali,” katanya.

TRENDING :  Kodim 0719 Jepara Amankan Pemberangkatan Calon Jama'ah Haji

Tahun ini, katanya, Pemprov menganggarkan sekitar Rp.6 milyar untuk program KJS ini. Pencairan bantuan ini bekerjasama dengan Bank Jateng. “Tahun lalu sebenarnya program ini sudah dijalankan, hanya saja masih merupakam CSR dari Bank Jateng,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ganjar menyebut jika sasaran penerima KJS ini warga Jawa tengah yang menderita psikotik, eks psikotik atau disabilitas berat. Selain itu mereka yang mengidap penyakit parah, stroke, kanker atau penyakit parah lain yang ditentukan medis juga akan mendapatkan KJS. Selama mereka belum mendapat jaminan sosial dari pemerintah pusat. (ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post