132 Personil Lakukan Pengamanan Takbir Di Dalam Kota Demak

oleh
ISKNEWS.COM

Demak,isknews.com ( Lintas Demak ) – Dalam rangka pengamanan malam takbir Hari Raya Idul Fitri 1438 H. Polres Demak menggelar apel pergeseran pasukan di Alun alun Demak, Sabtu ( 24/6 ) malam. Hal ini dilakukan demi menjaga kondusifitas kota Wali saat malam takbiran.

Kapolres Demak AKBP Sonny Irawan, SIK.MH, memimpin langsung apel pengamanan. Sebanyak 132 personel dari berbagai satuan fungsi di kerahkan untuk menjaga kondusifitas kota demak.

AKBP Sonny dalam amanatnya menyampaikan, Insya Allah hari ini merupakan hari terakhir bagi umat muslim dalam melaksanakan ibadah puasa.

“Insha Allah hari ini hari terakhir bagi umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa, yang sudah menjadi tradisi bagi umat Islam Indonesia khususnya Demak. Semoga Ibadah kita diterima Allah SWT dan di pertemukan Ramadhan tahun depan, amin”.

TRENDING :  Kampanye Di Media Sosial Menjadi Perhatian Khusus Polda Jawa Tengah.

Selain itu, Kapolres berkata, kegiatan malam takbir menjadi atensi jajaran Polda Jateng untuk melakukan pengamanan dengan baik dan maksimal. Karena kegiatan tersebut memiliki kerawanan yang cukup tinggi dan berdampak terhadap adanya gangguan Kamtibmas.

“Takbir keliling merupakan cara umat muslim merayakan suka cita, namun tak jarang kegiatan tersebut berdampak gangguan kamtibmas”, Ujarnya.

Selain itu, kegiatan takbir tersebut juga memiliki potensi cukup tinggi berdampak terhadap adanya gangguan arus lalu lintas.

“Beberapa gangguan yang harus di antisipasi yaitu konvoi menggunakan roda empat, roda dua yang menimbulkan dampak terjadinya kemacetan di dalam kota. Potensi kerawanan lainnya adalah penggunaan petasan dan kembang api. Selain membahayakan diri sendiri dan orang lain, juga dapat terjadinya kebakaran serta tawuran antar warga,” jelas AKBP Sonny.

TRENDING :  Dilanjutkan 2017 Bangunan Utama Makopolres Kudus Serap Rp 10 M

AKBP Sonny menerangkan, pelaksanaan apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan malam takbiran ini, merupakan salah satu bentuk kesiapsiagaan Polres Demak dalam mengantisipasi potensi kerawanan yang ada, serta dalam rangka mengemban tugas mulia yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Selain di dalam kota, kami juga lakukan pengamanan di setiap wilayah kecamatan yang dilakukan oleh Polsek jajaran, sehingga pelaksanaan kegiatan malam takbir di Kabupaten Demak dapat berjalan penuh hikmat, aman, tertib dan lancar,” ucapnya.

“Mari lakukan kegiatan pengamanan ini dengan penuh keikhlasan, jadikan pekerjaan kita sebagai ladang ibadah. Insha Allah pahala yang kita terima lebih besar dari mereka yang melalukan ibadah di malam ini, karena kita memberikan rasa aman bagi mereka yang melakukan ibadah”, lanjutnya.

TRENDING :  Polres Kudus Laksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Aksi Demo 212

Apel pengamanan ini juga untuk menyamakan persepsi seluruh personel yang bertugas di lapangan dalam melakukan tindakan. Sehingga yang dilakukan di lapangan tidak keluar dari koridor dan arahan pimpinan. Setidaknya ada empat pedoman bagi seluruh personel Polres Demak dalam menjaga malam takbiran. Berikut pedoman tersebut:

1. Kedepankan persuasif dalam pengamanan malam takbir ini.

2. Semua kendali harus diatur dan tetap satu komando.

3. Selalu stanby, monitor alat komunikasi HT maupun handphone sebaik – baiknya.

4. Jaga selalu kesehatan, Selalu body system, lakukan pengamanan minimal dua personil.

“Pergerakan pasukan diatur langsung oleh Kabag Operasional,Kompol Sutomo. Selalu laporkan perkembangan situasi di lapangan sehingga pimpinan dapat mengambil langkah”, Pungkasnya.(HKR)

KOMENTAR SEDULUR ISK :