1,5 M di Kuncurkan Untuk Pengembangan Wisata Kedungpupur

1,5 M di Kuncurkan Untuk Pengembangan Wisata Kedungpupur

Blora, isknews.com (LintasBlora) – Potensi Wana Wisata Migas Kedungpupur di Desa Ledok Kecamatan Sambong Kabupaten Blora terus menjadi perhatian berbagai stakeholder. Setelah bulan lalu Pertamina EP Asset 4 Cepu berminat mengucurkan dana CSR ratusan juta untuk pengembangan Kedungpupur, kini giliran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) yang terpikat.

Dalam kunjungan kerjanya ke Desa Ledok, Sekretaris Jendral (Sekjen) Kemendes PDTT Anwar Sanusi menyatakan ketertarikannya untuk ikut serta melakukan dukungan pengembangan kawasan Wana Wisata Kedungpupur. Ia salut, ternyata di tengah hutan yang rimbun bisa terdapat sumber air yang bersih dan kolam renang yang airnya mengalir sepanjang hari. Padahal lokasinya berada di areal sumur minyak tua.

“Kok bisa ya, airnya tidak tercemar limbah aktifitas produksi minyak. Padahal berada di dalam satu kawasan. Tanaman hutannya juga masih lebat dan terawat. Ini sangat bagus sebagai percontohan pemeliharaan hutan di kawasan penambangan minyak. Bisa dijadikan lokasi wisata edukasi tentang pengolahan migas yang baik dan wisata hutan.,” terangnya.

TRENDING :  Pengamat Sosial : Keberadaan Minimarket (Waralaba) Matikan Usaha Kecil

Sebagai wujud dukungannya untuk pengembangan Kedungpupur di kawasan hutan Desa Ledok Kecamatan Sambong, di tengah kunjungan kerjanya ia pun menjanjikan suntikan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar.

“Karena potensinya bagus, untuk mengembangkan wilayah ini kami dari Kementerian Desa PDTT akan membantu dengan dana insentif dana Rp1,5 miliar agar potensi wisata di Desa Ledok ini bisa berkembang. Nanti harus dikelola dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan,” tegasnya.

TRENDING :  Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 Fokus Cari Atlet U-11 dan U-13

Jika dana itu bisa dimanfaatkan dengan baik dan berhasil, bukan tidak mungkin kedepan bantuan dana itu bisa bertambah lagi. Terutama jika pengembangan daerah wisata sudah berjalan dan sudah terlihat dalam pengembangannya. Ia pun menyarankan untuk mengajak kementerian lain untuk ikut join disini, misalnya Kementerian Pariwisata.

Dengan bantuan dana tersebut ia berharap kedepannya bisa mensejahterakan masyarakat melalui pengembangan potensi wisata. “Kalau semangat para stekholder nantinya ada, tentu akan menjadikan daerah ini menjadi destinasi yang luar biasa dan bisa menjadi wisata edukasi bagi masyarakat,” tambah Anwar Sanusi.

TRENDING :  Kudus sebagai Kota Santri-Saudagar

Menurtunya Desa Ledok memiliki potensi yang luar bisa terutama berbasis wisata. Tak hanya dari wisata alam, namun desa ledok juga bisa di jadikan wisata sains bagi masyarakat di lapangan yang sangat bermanfaat bagi siswa sehingga mampu bisa memberikan kekayaan psikomotorik yang biasa di peroleh di sekolah.

Anwar sanusi menambahkan dalam pembangunan distinasi yang sudah ada ini tentu di perlukan beberapa dukungan yang di antarannya cara dukungan yang diberikan dalam pengembangan wisata tersebut. Yang pertama, dukungan yang sudah ada, yakni mengarahkan penggunaan Dana Desa (DD), dan dukungan yang bersifat afirmatif yaitu dalam bentuk dukungan kepada Pemerintah Daerah.(**)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*