179 Kapal di Kabupaten Pati Masih Gunakan Cantrang

by
Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja ISKNEWS.COM
Foto: Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief Widjaja melakukan cek fisik kapal cantrang di Juwana, Jumat (02-03-2018) (Istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Sampai hari ini, Jumat (02-03-2018), sebanyak 179 kapal dari sekitar 400 kapal dengan alat tangkap ikan (API) cantrang di Kabupaten Pati, belum beralih ke alat tangkap yang diperbolehkan sesuai Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor  2 Tahun 2015 Tentang Pelarangan Penggunaan Pukat Hela (Trawl) dan Pukat Tarik (Seine Net).

TRENDING :  Banjir Bandang Kembali Terjang Sukolilo Pati

Ini disampaikan oleh Dirjen Perikanan Tangkap, Sjarief  Widjaja saat mengadakan pendataan dan validasi kapal cantrang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit I, Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

“Sejak 2015 lalu, dari sekitar 400 kapal cantrang, tinggal 179 kapal saja yang belum beralih alat tangkap,” ungkapnya saat menemui awak media.

TRENDING :  HUT 23 SMPN 2 Wedarijaksa Momentum Untuk Majukan Dunia Pendidikan

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memang diminta untuk mendampingi dan menunggu sampai para nelayan sanggup beralih ke alat tangkap sesuai aturan.

TRENDING :  Bupati Pati Salurkan Bantuan Kepada 110 Warga Kurang Mampu

“Ada yang minta tiga bulan kita layani tiga bulan, enam bulan, setahun, bahkan ada yang minta dua tahun. Intinya, kami menunggu sampai mereka beralih alat tangkap,” bebernya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :