2 Pasar di Kudus Ditemukan MERICA PALSU

oleh
Kudus 08/10,Menyusul keluhan konsumen dengan beredarnya Merica Palsu yang diadukan kepada ISK langsung ditindaklanjuti.

Dengan mengambil sampel 2 pasar di Kabupaten Kudus akhirnya ditemukan sejumlah fakta mengejutkan.Beberapa pedagang bahkan tahu mana Merica Asli dan Palsu dengan perbedaan harga yang cukup tajam.Jika merica asli Rp.9000,per setengah Ons sedangkan Merica yang diduga Palsu dibandrol Rp.5000 per setengah Ons.

Ciri Merica Asli yang bisa kita deteksi langsung yakni : Merica Asli memiliki aroma menyengat khas lada dan keras sulit dihancurkan dengan warna lebih cerah dan bersih.

Namun Merica PALSU : Tidak memiliki bau yang tajam,tekstur yang mudah rapuh juga tampilan yang tidak sama juga berwarna buram.


Para pedagang yang sempat dimintai keterangan juga menjelaskan bahwa Merica yang Palsu jika digunakan memasak walau dalam jumlah banyak tak bisa pedas sedangkan Merica Asli dengan sedikit saja sudah Pedas.

Plt.Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus Drs.Sudhiarti menjelaskan bahwa masyarakat yang merasa dirugikan bisa langsung melaporkan kepada Dinas Perdagangan.

” Kami akan menindaklanjuti setiap laporan masyarakat tentang persoalan merica palsu dan hal ini sudah pernah disidak ke pasar kemudian diperoleh data bahwa munculnya merica palsu ini karena permintaan pembeli yang ingin harga murah ” Papar Sudhiarti kepada ISK.

Ditambahkan Sudhiarti bahwa pihaknya sudah menjumpai peristiwa ini sejak lama dan masyarakat dihimbau untuk lebih pandai dalam memilih bahan baku masakan agar Cita Rasa Masakan Khas tidak berubah dan merugikan Pengusaha Kuliner itu sendiri.

Admin
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Upacara Hari Pahlawan di Simpang Tujuh