24 Penyandang Disabilitas di Kudus Terima Bantuan Alat dari Dinsos Jateng

oleh
ISKNEWS.COM

Kudus, isknews.com – Wajah sumringah terlihat dari 24 penyandang disabilitas di Kabupaten Kudus lantaran mendapatkan bantuan alat dari Dinas Sosial Jawa Tengah. 24 orang tersebut berasal dari beberapa kecamatan, diantaranya Kecamatan Jati 9, Kota 8, Bae 2, Jekulo 2 dan Kaliwungu 3.

Perwakilan dari penyandang Disabilitas hari ini menerima langsung dari Partoyo, Staff Dinas Sosial Jateng, di Aula Dinsos Kabupaten Kudus, Kompleks Perkantoran Jalan Mejobo, Senin, (11/12/17) siang.

Sutrimo, Kepala Bidang Pelayanan Rehabilitasi Sosial dan Bantuan Perlindungan Jaminan Sosial pada Dinas Sosial, Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan dan Anak mengatakan, Program bantuan tersebut merupakan hasil assesmen atau proses untuk mendapatkan data atau informasi terkait penyandang disabilitas pada bulan Juli oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang masing-masing per kecamatan 1 orang tenaga.

TRENDING :  Warga RW 12 Bangsri Swadaya Bedah Rumah Warga Miskin

Namun, lanjutnya, untuk penyerahan bantuannya baru dilaksanakan bulan Desember, dimana pada pemberian kali ini juga dalam rangka memperingati Hari Disabilitas (Penyandang Cacat) Internasional yang jatuh setiap 3 Desember. “Selain di Kabupaten Kudus, hari ini pemberian bantuan tersebut juga berbarengan dengan Kabupaten Jepara dan Pati,” imbuh Sutrimo.

24 orang tersebut menerima Doble krek 1, tongkat putih tuna netra 1, alat bantu dengar 8, kursi roda 11 lumpuh, Walker 2 dan kanadin 1. “Selain itu, penyandang disabilitas tersebut juga mendapatkan bantuan nutrisi berupa susu, kacang hijau dan bahan pokok berupa gula, beras dan lainnya,” bebernya.

TRENDING :  Bupati Tinjau Lokasi Kebakaran Kudus Plaza

Semoga bantuan itu bisa membantu meringankan beban terutama penerima bantuan (penyandang disabilitas), keluarga, dan terlebih tidak merepotkan masyarakat lain. “Terlebih dengan bantuan alat tersebut menjadikannya mandiri, lebih baik lagi dalam bersosial dan tidak terlalu ketergantungan dengan orang lain,” harapnya.

Dijelaskan Sutrimo, Penyandang Disabilitas banyak macamnya diantaranya penyandang Tuna netra, Tuna rungu, Tuna wicara, Tuna daksa atau kelainan otot dan struktur tulang yang bersifat bawaan, sakit atau akibat kecelakaan.

TRENDING :  Hafal Al-Qur'an 30 Juz, 24 Santriwati Cilik Diwisuda, 2 Diantaranya Umur 10 Tahun

Ada lagi, Selain Tuna grahita yang merupakan keadaan keterbelakangan mental, juga ada Tunalaras atau Gangguan yang muncul pada individu yang berupa gangguan perilaku seperti suka menyakiti diri sendiri, suka menyerang teman, dan lainnya) dan penyandang disabilitas ganda (Tuna Ganda) yang mempunyai lebih dari satu disabilitas (yaitu fisik dan mental), misalnya individu yang menyandang tuna grahita dan tuna rungu sekaligus. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :