250 Pelajar SMA Sederajat di Kudus Ikuti Seleksi Paskibraka 2019

oleh
Hari pertama seleksi anggota Paskibraka Kudus 2019. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Sebanyak 250 pelajar dari berbagai SMA/SMK/MA di Kabupaten Kudus mengikuti proses seleksi menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kabupaten Kudus selama dua hari, Senin-Selasa 18-19 Maret 2019 di halaman depan GOR Bungkarno Kudus.

Wagiman Sutrisno Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Pemuda, pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kudus (Disdikpora) Kudus mengatakan, sebanyak 250 peserta dari 55 sekolah meramaikan Paskibraka tahun ini dan setiap sekolah ada yang mengirim 4, 5, hingga 10 siswa. “Nantinya akan di seleksi ketat menjadi 100 orang dan berlanjut mengerucut menjadi 64 yang selanjutnya akan digembleng menjalani pelatihan,” jelas WS, panggilan akrabnya.

TRENDING :  OM New Pallapa Akan Ramaikan Kampanye Terbuka Partai Nasdem di Kudus

Dikatakannya, Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan upacara HUT Ke-74 Kemerdekaan RI di kabupaten Kudus. “Hari ini seleksi fisik tinggi badan, berat badan dan peraturan baris berbaris, diambil 100 peserta untuk mengikuti seleksi di hari kedua terkait ilmu pengetahuan umum dan sesi wawancara,” jelasnya.

TRENDING :  Sektor Pariwisata Kudus Selain Religi Terus Digenjot

Para juri dari unsur anggota TNI dari Kodim 0722 Kudus, dan kepolisian dari Polres Kudus.“Jika dibanding tahun lalu, peserta tahun ini mengalami peningkatan. Tahun ini hampir semua sekolah mengirimkan, dibanding tahun lalu yang hanya 178 peserta,” ujarnya.

Ditanya soal kualitas anggota Paskibraka dari tahun ke tahun, Ia menjelaskan sudah jauh lebih bagus, terbukti tahun kemarin perwakilan dari Kota Kretek bisa tembus ke tingkat Nasional.

Selain itu, dari segi postur tubuh sudah lebih bagus. Persyaratan untuk putra tinggi badan minimal 170 centimeter dan rata-rata mereka di atas itu. Adapun untuk putri minimal tingginya 165 centimeter. “Memang selektif karena nantinya akan kami kirim ke tingkat Provinsi Jawa Tengah,” imbuh WS.

TRENDING :  Bapak Persiku Datang, Macan Muria Bangun Dari Tidur Panjang

“Soal pemakaian hijab pada anggota Paskibraka putri, hal tersebut tidak menjadi persoalan sebab diperbolehkan dan hal tersebut sudah ada aturannya. Jadi tidak ada masalah yang berarti,”pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :