30 September 2016 Batas Deadline Perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik ( e-KTP )

Kudus, Isknews.com – Kartu Tanda Penduduk elektronik atau electronic-KTP (e-KTP) adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang dibuat secara elektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Kementerian Dalam Negeri menargetkan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik tuntas pada 30 September 2016. Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dalam siaran pers nya menjelaskan, saat ini ada sekitar 22 Juta penduduk yang belum melakukan perekaman. Jumlah tersebut setara dengan 12 persen total penduduk Indonesia yang berhak menerima kartu identitas itu.

Baca Juga :  Pengunjung Berharap Tugu Identitas Segera Dibenahi & Kedepan Jam Buka Sampai Malam

Adapun jumlah faktualnya penerima KTP Elektronik sebesar 183 juta. Sedangkan yang telah melakukan perekaman adalah 161 juta atau 88 %. “Perekaman ini menjadi sangat penting karena pelayanan publik ke depan berbasis NIK dan KTP el. Bila penduduk masih memiliki data ganda maka yang bersangkutan akan mengalami kesulitan dalam pelayanan publik.

Baca Juga :  Observasi Dan Sholat Gerhana di Masjid Agung Jawa Tengah

Selain itu, perekaman KTP ini adalah prosedur baku yang harus diikuti oleh penduduk untuk mendapatkan ketunggalan data. Mudahnya prosedur perekaman dan pencetakan KTP El yg tidak lagi perlu pengantar RT RW Kelurahan/desa dan kecamatan membuat meringankan Penduduk, karena cukup membawa foto kopi Kartu Keluarga.

Untuk itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kudus menghimbau bagi warga Indonesia untuk segera melakukan perekaman e-ktp.(AS)

APA KOMENTAR SEDULUR ISK ?