33 Peserta Group Rebana Meriahkan Festival Rebana Se Jawa

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forum Mahasiswa Islam (Formi) Universitas Muria Kudus (UMK) mengadakan festival rebana sej Jawa ke 7, Rabu (16/1/2019)

Sebanyak 33 grup rebana ikut andil dalam festival tersebut. Tak hanya dari eks-Karesiden Pati saja, melainkan juga ada peserta yang dari Bogor, Kediri, Jombang hingga Magelang.

Pesertanya tidak hanya dari kelompok rebana berbasis komunitas saja, melainkan juga berasal dari universitas. Beberapa perwakilan dari universitas antara lain Universitas Tidar Magelang, Unisda Lamongan, IAIN Salatiga, Unnes dan lainnya. ”Ini merupakan festival ke-tujuh yang telah dilaksanakan, rutin diadakan setiap tahun,” kata Wakil Rektor III UMK Rohmad Winarso, MT saat pembukaan kegiatan di Auditorium UMK kemarin (16/1/2019).  

TRENDING :  Perda RTRW Kudus Mendesak Direvisi

Setiap tahun, penyelenggaraannya tentu selalu lebih baik, karena selalu dilakukan evaluasi. Sehingga tidak mengecewakan bagi peserta lomba, tidak hanya soal sarana dan prasarana kegiatan, melainkan juga menyiapkan juri yang memiliki kapasitas baik.

TRENDING :  Tunggu Aturan Kemenkeu RI, OPD Tak Berani Gunakan DBHCHT

Dengan adanya festival rebana yang dilakukan setiap tahun diharapkan akan mampu menambah syiar Islam. Karena seni rebana juga sudah melekat di masyarakat sebagai salah satu seni Islam. ”Tentu kegiatan ini sangat positif, apalagi buat anak muda atau kaum milenial, harus terus dikembangkan,” terangnya.

Kedepan, diharapkan jumlah peserta semakin bertambah, sehingga untuk lomba rebana bisa sampai dua hari atau lebih. Tentunya dalam penyelenggaraannya akan terus dilakukan perbaikan.

TRENDING :  Pasukan Merah Putih Narapidana Rutan Kelas IIB Kudus Dikukuhkan

Selain festival rebana, juga akan dilaksanakan seminar nasional Bisnis Online. Seminar tersebut dilaksanakan pada 17 Januari 2019 dengan mengambil tema ‘Sukses Berbisnis Online Tanpa Modal’.

Festival rebana maupun seminar nasional, keduanya sangat cocok dengan visi misi UMK, santun, cerdas, dan berjiwa wirausaha yang teriinspirasi dari bagus budi pekerti, ngaji dan dagang (Gusjigang). ”Kami berharap, kegiatan ini mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat,” jelasnya. (AJ/YM)

Istimewa
KOMENTAR SEDULUR ISK :