34 SD Dan 5 SMP Negeri Di Kudus, Terima Bantuan Proyek Aspirasi Dewan

34 SD Dan 5 SMP Negeri Di Kudus, Terima Bantuan Proyek Aspirasi Dewan

Kudus, isknews.com – Sebanyak 34 sekolah dasar (SD) Dan 5 SMP Negeri di Kabupaten Kudus, mendapatkan bantuan proyek dari usulan atau aspirasi DPRD Kabupaten Kudus. Proyek yang dananya bersumber dari APBD Kabupaten Kudus TA 2016 itu, realisasinya tergantung proposal yang diajukan masing-masing sekolah, mulai dari pembangunan perkantoran, sampai pembuatan lapangan olah raga.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Kudud, Djoko Soesilo, melalui Kepala Seksie (Kasie) Sarana dan Prasana (Sarpras), M Zubaedi, yang dihubungi isknews.com, Jumat (02/9), membenarkan hal itu. Menurut dia, bantuan proyek untuk sejumlah SD dan SMP itu, memang berasal dari aspirasi dewan, namun anggarannya berasal dari APBD Kabupaten Kudus yang pengerjaannya digarap oleh pihak ke-3, atau sistem kontrak.

“Tidak ada istilah proyek aspirasi dewan. Yang benar, proyek kontraktual, karena pengerjaannya dikontrakkan.” Karena nilai proyek rata-rata di bawah Rp 200 juta, ungkapnya lanjut, pelaksanaannya melalui penunjukan langsung, tidak melalui lelang. Bantuan proyek yang disalurkan sesuai permintaan atau proposal yang diajukan pihak sekolah yang ditindaklajuti dengan hasil survei dilapangan. “Hal itu karena bantuan itu berupa bangunan baru (mulai dari 0), sehingga harus ada ketersediaan lahan,” ujar Zubaidi.

Dia menjelaskan, dari keseluruhan proyek 34 SD dan 5 SMP yang dikerjakan, kini prosesnya sudah mencapai sekitar 80%. Diantaranya adalah pembangunan perkantoran kepala sekolah, ruang guru, gedung serbaguna, penambahan ruang kelas, pembuatan lapangan upacara dan lapangan olah raga. “Sekolah yang menerima bantuan pembangunan perkantoran kepala sekolah, diantaranya SD 3 Mejobo, Kudus.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Surabaya, Tuan Rumah Dialog Publik UN 2015

Share This Post