437 Jemaah Haji Kudus Pulang ke Kampung Halaman

oleh -1,119 kali dibaca

Kudus, ISKNEWS.COM – Suasana haru menyelimuti kegiatan pemulangan 437 jemaah haji asal Kudus dari Kelompok Terbang (kloter) 53 dan 54. Kamis (13-09-2018) para jemaah tiba di Gedung Jami’atul Hujjaj Kudus (JHK) dan kembali pulang ke kampung halaman.

Kepulangan perdana dilakukan oleh 84 jemaah haji asal kloter 53, yang pagi ini sampai di JHK pukul 08.30 WIB. Tak lama kemudian, tepatnya pukul 12.05 WIB, sebanyak 353 jemaah haji dari kloter 54 juga sampai di JHK.

Kementrian Agama Kudus melaui Kasie Penyelenggara Haji dan Umroh, Sulthon mengatakan jumlah jemaah haji pada kloter 53 dan 54 sebanyak 439. Namun, dikarenakan dua jemaah haji dari kloter 54 meninggal di tanah suci dikarenakan sakit. Sehingga pada hari ini ada 437 jemaah haji yang tiba di Kudus.

Sesampainya di JHK, 437 jemaah haji tersebut disambut hangat oleh Ali Rifa’i (Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemda Kudus), M Hafidz (Kemenag Kudus), Djati Sholekhah (Kasatpol PP Kudus), Subiyono (Kasub Kepegawaian PN Kudus), Joko Dwi Putranto (Kadinkes Kudus), Muspika Jati dan keluarga jemaah haji yang telah mendambakan untuk bisa bertemu kembali dengan mereka.

Ali Rifa’i dalam sambutannya berpesan kepada jemaah agar sepulangnya dari ibadah haji dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, para jemaah diharapkan dapat menjadi suri tauladan bagi masyarakat di sekitarnya.

“Saya berharap iman dan ilmu yang didapat selama Ibadah Haji, dapat terus diamalkan dimasyarakat dan senantiasa bermanfaat serta berguna bagi agama, nusa dan bangsa,” ujar Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Pemda Kudus.

Diakhir sambutannya, ia dan segenap hadirin yang datang bersama mendoakan agar para jemaah haji menjadi haji yang mabrur dan mabruroh.

Dalam kegiatan pemulangan jemaah haji kloter 53 dan 54 Kudus ini mendapatkan pengamanan dari gabungan Polres Kudus dan Kodim 0722/Kudus. (NNC/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :