450 Orang Ikuti Apel Bulan K3

450 Orang Ikuti Apel Bulan K3

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Sebanyak 450 orang mengikuti apel peringatan bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Apel tersebut adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional. Apel tersebut dilaksanakan di Area Kerja PT. Els Artsindo, Desa Ngabul Kecamatan Tahunan, Rabu, (08/02/2017).

Apel Peringatan Bulan K3 tersebut dipimpin Plt. Bupati Jepara Ihwan Sudrajat yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Kemasyarakatan, dan SDM Setda kabupaten Jepara, Bambang Slamet Raharjo, MH. Kegiatan yang digelar pada pagi itu diikuti sebanyak 450 orang, terdiri dari perwakilan pada masing-masing perusahaan di Jepara, diantaranya yaitu PT. Els Artsindo, PT. TIPOTA, PT. Bomin, PT. Karaksanta, PT. PLN Pembangkitan Tanjungjati, PT. Apol,PT. TJB Power Service, PT. KPJB, PT. Kota Jati Furnindo, PT. Dasaplast, PTPN IX, PT. Djarum, PT. Pijar Sukma dan PT. Triconville.

Dalam sambutan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI yang dibacakan oleh Bambang Slamet Raharjo, MH disampaikan bahwa peringatan Hari K3 merupakan upaya untuk mewujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020. “Pemerintah secara terus-menerus meningkatkan pembangunan yang bertujuan memperluas kesempatan kerja yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat. untuk itu pemerintah telah mulai membangun tol laut, pelayaran rakyat, pembangunan sarana dan prasarana ketenagalistrikan, perumahan, sanitasi dan air bersih, pembangunan jalan baru dan jalan tol, pengembangan jalan baru dan jalan tol, pengembangan trasportasi perkeretaapian, dan pencetakan sawah baru serta konektivitas antar wilayah,” ujar Bambang membacakan sambutan menteri.

TRENDING :  Sedekah Bumi Desa Tempur, Sediakan Kopi Gratis Bagi Wisatawan

Menaker RI, Muhammad Hanif Dhakiri, S.Ag, M.Si mengungkapkan dalam sambutanya, dalam upaya peningkatan pelaksanaan K3 Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI telah mengembangkan sejumlah upaya yang diantaranya adalah penyempurnaan peraturan perundang-undangan serta standar yang dijadikan pedoman sehingga pelaksanaan K3 dapat dengan mudah diimplementasikan.

“Pada tahun 2016 telah diterbitkan beberapa signifikasi peraturan K3 untuk kepentingan penyederhanaan antara lain tentang K3 listrik, lift, penyalur petir, bejana bertekanan, dan pesawat tenaga dan produksi. Meningkatkan pengawasan bidang K3 melalui penambahan pengawas spesialis bidang K3. Dalam tahun 2016 telah dididik pengawas baru sebanyak 60 orang sehingga pada tahun 2016 terdapat 351 orang pengawas spesialis bidang K3 yang tersebar diseluruh Indonesia” terangnya.

TRENDING :  Belasan PKL Ditertibkan Satpol PP Jepara

Selain itu, Menaker juga mengatakan bahwa pihaknya juga sudah meningkatkan kesadaran tenaga kerja dan masyarakat tentang K3 melalui peningkatan jumlah personil yang memiliki kompetensi K3, “dimana terdapat sebanyak 57.653 personel K3 pada tahun 2015 dan meningkat menjadi 75.081 orang pada tahun 2016,” ungkap Menaker.

Kemnaker juga berhasil meningkatkan perusahaan yang menerapkan SMK3 tahun 2015 sebesar 1.040 perusahaan dari 221.006 perusahaan atau 0.47% menjadi 1.762 perusahaan dari 254.161 perusahaan atau 0.71% di tahun 2016.

Usai pelaksanaan apel, rangkaian kegiatan bulan K3 dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah penghargaan kepada perusahaan yang komitmen dan melaksanakan program kesehatan dan keselamatan kerja. Yaitu penghargaan dengan predikat Zero Accident kepada PT. Tanjung Jati B Power Service PLTU Tanjungjati B Unit 1-2, PT. KPJB PLTU Tanjungjati B Unit 3-4, PT. Arpeni Permata Ocean Line PLTU Tanjungjati B Unit 1-2, PT. PLN (Persero) Pembangkitan TJB, dan PT. Kota Jati Furindo Desa Suwawal Kecamatan Mlonggo. Kemudian untuk PT. TJB Power Services PLTU Tanjungjati B, PT. Arpeni Permata Ocean Line PLTU Tanjungjati B Unit 1-2, dan PT. PLN (Persero) Pembangkitan TJB mendapat juga penghargaan perusahaan P2-HIV/AIDS.

TRENDING :  Gelembung Busa Raksasa di Sungai, Hebohkan Warga Bangsri

Pada saat yang sama juga, diserahkan penghargaan dan pemberian trophy untuk  juara dalam lomba foto/poster dalam rangka bulan K3 Tahun 2017, yaitu PT. Kota Jati (Juara I), PT. Djarum (Juara II), dan PT. TIPOTA (Juara III).(ZA)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post