4 SMK di Kudus Akan Terapkan USBN Sistem CBT

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Ujian Nasional Berstandart Nasional (USBN) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) rencananya digelar akhir Maret, tepatnya Jumat 29 Maret sampai Rabu 10 April 2019.

USBN dilaksanakan setelah UN dan sebelum UKK (Uji Kompetensi Kejuruan). Persiapan demi persiapan telah dilakukan, termasuk soal – soal USBN baik yang Paper Based Test (PBT) maupun Computer Based Test (CBT).

Mustakim Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) SMK Kabupaten Kudus mengatakan, Persiapan USBN sesuai peraturan pemerintah, soal dibuat oleh guru mengajar, kemudian di serahkan ke MGMP untuk penggodokan soal, lalu dikembalikan lagi ke guru mengajar disekolah masing-masing. Setelah di verifikasi, lalu disetujui tim kemudian digandakan.

TRENDING :  Perwakilan Manajemen PT Soloroda Hadiri Undangan Kejaksaan Kudus

Dijelaskan Mustakim, Dulu indikator banyak yang dari pusat namun tahun ini dari guru, “Jadi guru saat ini perannya lebih banyak,” ujarnya usai memberikan pengarahan pada pertemuan guru-guru SMK di SMKN 1 Kudus, Kamis (7/2/2019).

TRENDING :  Lindungi Jajarannya, 1491 Pengawas TPS Kudus Disertakan BPJS Ketenagakerjaan

Di Kudus, kata Mustakim, SMK yang telah menyatakan siap memakai CBT ada 4 sekolah dari 29 SMK di Kudus, yakni SMK Manbaul Falah, SMK Muhammadiyah 1 Kudus, SMK Ma’arif 2 dan SMK Muhammadiyah (Ponpes).

Diantara yang diujikan yakni Prakarya dan kewirusahaan, Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK), keduanya menggunakan kurikulum K-13 (Kurtilas) dan mapel tentang kewirusahaan dengan menggunakan KTSP 2006.

TRENDING :  Kepala Sekolah di Daerah Rawan Banjir Diminta Waspada

Adapun untuk soal USBN nantinya bersifat campuran, untuk yang dari MGMP prosentasinya 75 – 80 persen sedangkan dari pusat 20 – 25 persen. Dalam 1 hari ada 2 mata pelajaran, terbagi 2 sesi, per sesinya 120 menit/mapel.

Lalu, untuk mencegah kebocoran soal, pihaknya telah mengantisipasi dengan membuat peraturan, diantaranya berkas soal Dokumen Negara dipastikan tersegel, dan dari gurunya ada pakta integritas. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :