543 ASN Pensiun BKPP Ajukan Usulan Pengganti

oleh
543 ASN Pensiun BKPP Ajukan Usulan Pengganti
Foto: Kabid Formasi dan Jabatan Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati Syaiful Ikmal. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Tahun ini Dinas Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pati mengajukan sebanyak 543 formasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Hal itu lantaran untuk menutup ASN yang pensiun pada tahun ini.

Kepala BKPP Kabupaten Pati Jumani melalui Kabid Formasi dan Jabatan Syaiful Ikmal menuturkan, formasi yang diajukan tersebut sifatnya memang untuk menutupi kekosongan jabatan, dikarenakan saat ini ada 543 ASN yang pensiun pada tahun ini.

TRENDING :  Kodim 0718 Pati Beri Bantuan 1.300 Nasi Bungkus Kepada Korban Banjir

”Kami sudah mengirimkan usulan formasi tersebut. Kalau nanti Pati kebagian berapa dari usulan tersebut itu kewenangan dari pusat langsung. Kewajiban kami hanya tiap tahun mengirimkan usulannya,” papar Ikmal.

Jika melihat idealnya, seharusnya masih dibutuhkan 1500 formasi jabatan untuk tahun ini. Namun hal itu dirasa tidak memungkinkan, dan hanya diusulkan sejumlah untuk menutup kekosongan jabatan yang ditinggalkan karena memasuki masa pensiun itu.

TRENDING :  MENTERI SOSIAL RI MEMBERI SAMBUTAN DI KAMPUS IPMAFA MARGOYOSO

Usulan tersebut, paling banyak ada di pos tenaga pendidikan, jumlahnya mencapai 391 usulan. Disusul tenaga kesehatan sebanyak 114 usulan, dan tenaga teknis lainnya sejumlah 38 usulan. Pada prinsipnya yang diutamakan untuk diusulkan adalah pelayanan dasar di masyarakat, yaitu bidang pendidikan serta kesehatan.

TRENDING :  Lubang Jalan Di Desa Triguno Pucakwangi Bahayakan Warga Pemkab Pati Tak Kunjung Perbaiki

”Pengajuan formasi memang dilihat dari situ (pelayan dasar masyarakat-red). Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas untuk diusulkan,” kata Ikmal.

Sementara itu, lebih lanjut Ikmal mengungkapkan, kekosongan memang banyak terjadi di berbagai formasi dan jabatan, terutama untuk guru SD dan SMP. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :