56 Ton Beras Paceklik Dibagikan Untuk Nelayan Jepara

56 Ton Beras Paceklik Dibagikan Untuk Nelayan Jepara
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Memasuki musim baratan tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara mulai mendistribusikan beras paceklik untuk kelompok nelayan di Kabupaten Jepara. Sekitar 56.390 kilogram beras  paceklik tersebut, Kamis (26/01/2017) mulai disalurkan kepada 11.278 kepala keluarga (KK) nelayan yang tersebar mulai dari Kecamatan Kedungmalang  hingga Donorojo.
Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara Ir. Achid Setiawan M.Si kepada Ketua Himpunan Nelayanan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Jepara Sudiyatno, Kamis (26/01/2017) di KUD Dwi Karyo Mina Desa Kedungmalang Kecamatan Kedung Jepara. Untuk selanjutnya disalurkan kepada para nelayan.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Jepara Ir. Achid Setiawan M.Si mengatakan pada bulan ini menjadi keprihatinan bagi kaum nelayan di Jepara. Musim baratan, angin kencang dan ombak besar, mengakibatkan ribuan nelayan tidak dapat melaut. Sementara akan kebutuhan makanan harus terpenuhi. Kondisi ini, tentu saja memicu kerawanan pangan. Untuk itulah, pihaknya membantu para nelayan dengan mengalokasikan beras paceklik kepada nelayan.
Dikatakan Achid, tahun ini ada sekitar 56.390 kilogram beras untuk 11.278 KK nelayan di Jepara. Jika dirata-rata, kata Achid, tiap keluarga nelayan mendapatkan 5 kg beras. “Jika dibagi, paling tidak bantuan ini, bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan nelayan selama 3 – 4 hari kedepan,” ujarnya.
Dikatakan Achid, bantuan beras paceklik berasal dari cadangan beras  Pemkab Jepara 37.920 kg, Balai Cadangan Pangan Provinsi Jawa Tengah 10.470 kg, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa 8.000 kg.
Ketua HNSI Jepara Sudiyatno mengatakan, bantuan beras untuk nelayan ini, akan dibagikan secara bertahap kepada para nelayan yang ada di Kabupaten Jepara. Untuk wilayah selatan  mendapatkan 18.150 kg untuk 3.630 KK, wilayah tengah 19.095 kg untuk 3.819 KK, wilayah utara mendapat 19.305 kg  untuk 3.829 KK.
Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah Maya Himawati mengatakan, tiap tahun pihaknya menyediakan cadangan pangan berupa beras. Tahun 2017 ini, Ketahanan pangan mengalokasikan 317 ton dalam bentuk gabah kering untuk kegiataan kebencanaan, termasuk musim baratan yang dialami nelayan. “Sebagian dari jumlah tersebut, akan kami distribusikan untuk pemenuhan kebutuhan nelayan di Kabupaten Jepara,” paparnya. (ZA)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
BACA JUGA :  6 Ribu Nelayan Jepara Belum Miliki Kartu Nelayan

Share This Post