Sapa Pagi ISK – “Komunikasi Adalah Budaya”

by
Sedulur ISK, ISKNEWS.COM
Anak-anak sedang mandi di Grojogan Watu Gompeng Kuwukan Dawe Kudus (Foto : YM)

Sedulur ISK, dalam kehidupan sosial kita dipenuhi dengan komunikasi. Komunikasi sosial mengisyaratkan bahwa berkomunikasi itu penting untuk membangun konsep diri, aktualisasi diri, untuk kepentingan hidup, untuk memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan ketegangan.


Melalui komunikasi sosial kita dapat memenuhi kebutuhan emosional dan meningkatkan kesehatan mental, kita belajar tentang makna cinta, kasih sayang, simpati, keintiman, rasa hormat, rasa bangga, irihati, bahkan kebencian.

Lalu, mengapa kita harus saling berkomunikasi? dari perspektif agama,Tuhan-lah yang mengajari kita berkomunikasi, dengan akal dan kemampuan berbahasa yang dianugerahkan-Nya kepada kita.

TRENDING :  MENGAPA KITA DILARANG MENGOPERASIKAN HANDPHONE DISAAT MENGISI BAHAN BAKAR DI SPBU?

Berkomunikasi itu penting antara lain lewat komunikasi yang menghibur, dan memupuk hubungan dengan orang lain. Melalui komunikasi kita bisa bekerja sama dengan anggota masyarakat (keluarga, RT,RW, desa, kota) untuk mencapai tujuan bersama.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK - " Tepa Slira"

Orang yang tidak pernah berkomunikasi dengan manusia dia akan mudah tersesat, karena ia tidak berkesempatan menata dirinya dalam suatu lingkungan sosial.

Komunikasilah yang memungkinkan individu membangun suatu kerangka rujukan dan menggunakannya sebagai panduan untuk menafsirkan situasi apapun yang ia hadapi.

TRENDING :  Tak Hanya Berbagi Takjil, Puluhan Pelajar Ini Juga Belajar Bersedekah

KOMENTAR SEDULUR ISK :