KPU Siapkan TPS Khusus Di Rutan Kudus

oleh
KPU Kudus
Suasana sosialisasi dan simulasi pencoblosan oleh KPU Kudus di aula Rutan Kelas II B Kudus (Foto: Yuliadi Mohammad/ISKNEWS.COM)

Kudus, isknews.com – Sebanyak sekitar 150 warga binaan Rutan Kelas II B Kudus, ikuti sosialisasi dan simulasi Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus, 27 Juni 2018 mendatang.  Rabu (9/5/2018).

Simulasi yang digelar oleh KPU Kudus dipimpin oleh Komisioner KPU Kudus, Eni Misdayani dan Dhani Kurniawan yang didampingi kepala Rutan Kelas II B Kudus, Budi Prajitno, para warga binaan diberitahu tata cara memilih yang benar, kemudian cara lipat, dan memasukan lembar suara ke kotak suara pilgub ataupun pilbup.

Simulasi sekaligus sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 tersebut, digelar di Aula Rutan Kudus di Jalan Sunan Kudus, Rabu.

Dalam simulasi pencoblosan tersebut, terdapat 11 orang penghuni Rutan Kudus yang diminta untuk memeragakan pencoblosan mulai dari pengambilan surat suara untuk pemilihan bupati maupun gubernur.

TRENDING :  48 Anggota PPK Pemilu 2019 Dilantik

Selanjutnya, para napi tersebut memasuki bilik suara untuk memilih pasangan bupati maupun gubernur, kemudian surat suara dilipat dan dimasukkan ke dalam kotak suara untuk Pilbup dan Pilgub Jateng.

Usai memasukkan surat suara, mereka mencelupkan jarinya ke tinta yang disediakan.

Eni Misdayani Komisioner KPU Kudus mengatakan, untuk menjembatani hak pilih warga binaan KPU akan memberikan TPS khusu di Rutan Kelas II B Kudus.

“ KPU telah melakukan pendataan warga binaan di Rutan Kudus. Diperkirakan ada sebanyak 153 warga binaan saat pencoblosan nanti. Jumlah itu terdiri atas sebanyak 148 laki-laki dan lima perempuan,” katanya.

TRENDING :  Profesionalisme, Integritas Dan Netralitas, Modal Dasar Anggota PPK

Kami sudah berkoordinasi dengan petugas rutan untuk jumlah warga binaan yang nanti pada 27 Juni masih di sana.

“Untuk memfaslitasi hak suara warga binaan, kami akan membuka TPS sebelas di dalam lingkungan rutan. Petugasnya berasal dari warga sekitar rutan,” jelasnya usai pelaksanaan simulasi di Aula Rutan.

“Karena warga binaan Rutan Kudus ada yang luar kota, maka aka nada TPS khusus. Tujuannya supaya mereka bisa bisa menggunakan hak untuk  memilih di pilgub,” terangnya.

Ditambahkannya, “meski dalam ketentuan peraturan KPU tidak ada sebutan TPS khusus, untuk memfasilitasi warga binaan, kami menyebutnya sebagai TPS sebelas,” katanya

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II Kudus,  Budi Prajitno menyambut baik sosialisasi simulasi pemilihan yang dilakukan oleh KPU Kudus.  Dari jumlah 205 warga binaan yang terdaftar di DPT ada 148 warga binaan.

TRENDING :  KPU Kudus Gelar Rapat Koordinasi dan Bimtek Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati 2018

“Harapnnya saya, dengan sosialisasi ini warga binaan yang masuk dalam DPT bisa menyalurkan hak suara dalam pilkada nanti,  dan warga binaannya  tetap bisa menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak, 27 Juni 2018,” terangnya.

Ditegaskannya, “ nanti KPU akan memfasilitasi hak suara warga binaan kami dengan membuka tempat pemungutan suara (TPS) disini, dan kami sudah menyiapkan empat orang petugas untuk menjadi anggota KPPS, rencananya tiga lainnya dari warga sekitar. Usulan kami seperti itu,” ungkap Budi.

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :