oleh
Personel Sabhara Polres Kudus sedang melakukan pemeriksaan tas bawaan jemaat gereja jelang Misa Natal(Foto: YM)

Kudus, isknews.com – Seperti pada tahun-tahun sebelumnya menjelang perayaan natal di Kudus, Polres Kudus menerjunkan anggotanya untuk melakukan sterilisasi gereja-gereja besar di Kudus.

Hal itu dimaksudkan unttuk memberikan ketenangan dan kenyamanan serta mengantisipasi terjadinya ancaman keamanan saat puncak perayaan Natal bagi umat kristiyani.

Kabag Ops Polres Kudus, Kompol Jodi Setyo Margono memimpin giat sterilisasi 35 gereja di Kudus Menjelang ibadah Natal umat Kristiani (Foto : YM)

Dimulai sejak Senin pagi sejumlah anggota Sabhara Polres Kudus beserta satu peleton pasukan dan unit satwa telah menyisir sejumlah gereja-gereja di Kudus.

TRENDING :  Kapolres Kudus Buka Rapat Anggota Tahunan Tutup Buku 2016

Hal itu disampaikan oleh Kabag Ops Polres Kudus, Kompol Jodi Setyo Margono yang mengatakan, sterilisasi yang di lakukan juga melibatkan seekor anjing pelacak.

Unit satwa juga dilibatkan pada gelar sterilisasi (Foto: YM)

Hingga sore ini anggota kami telah mensterilkan 35 gereja yang ada di Kudus. “Sampai saat ini kondisi maih kondusif. Harapan kami tidak ada gangguan keamanan sepanjang perayaan Natal bagi rekan kita yang Nasrani,” kata Kompol Jodi saat memimpin giat sterilisasi di Gereja Santo Yohanes Evangelista di Jalan Sunan Muria Kudus, Senin (24/12/2018).

TRENDING :  Puluhan Buku Nikah Milik KUA Trangkil Digondol Maling
Inspection Mirror juga di gunakan untuk memriksa celah celah tak terlihat dari luar (Foto: YM)

“Dalam sterilisasi ini, anggota kami juga dilengkapi dengan alat pendeteksi metal detector, inspection  mirror  dan seekor anjing pelacak yang terlatih dalam mendeteksi barang barang mencurigakan termasuk jihandak,” terangnya.

Mereka menyisir ke setiap sudut gereja. Mulai dari halaman sampai sudut tersempit yang di dalam bangunan gereja.

“Dalam kegiatan ini kami juga dibantu oleh tim pengaman internal gereja yang juga ikut andil dalam sterilisasi tersebut. Bagi jemaat gereja pun juga dilakukan pemeriksaan barang bawaannya,” terang dia.

TRENDING :  Enam Kapolsek Di Kudus Diganti

“Semoga sampai selesai perayaan Natal tidak ada gangguan,” tandasnya.

Setelah dilakukan sterilisasi, pihaknya juga menempatkan anggota kepolisian di setiap gereja.

Mereka akan turut mengamankan jalannya ibadah bagi umat Nasrani.

“Rekan-rekan kepolisian juga kami tempatkan di setiap gereja untuk pengamanan,” kata dia.(YM/YM)

 

KOMENTAR SEDULUR ISK :