8 Juni Tradisi Dandangan Akan Di Mulai

8 Juni Tradisi Dandangan Akan Di Mulai

Kudus, isknews.com,  Menyambut bulan suci ramadhan di kota kretek identik dengan tradisi  Dandangan. Dandangan yang merupakan proses menunggu pengumuman awal puasa ramadhan ini setiap tahun selalu meriah dengan keramaian para pedagang dan berbagai tontonan serta hiburan masyarakat.

      Untuk tahun ini tradisi dandangan rencananya akan dilaksanakan selama sepuluh hari mulai tanggal 8 hingga 17 Juni 2015.

      Plt.Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Sudiharti melalui Kabid Pasar Bambang Gunadi menjelaskan, pada acara dandangan kali ini pemkab akan menyiapkan sebanyak 350 kapling / petak dengan ukuran 2,5 x 4 meter untuk para pedagang yang akan meramaikan dandangan.

      Adapun lokasinya tersebar di sekitaran komplek menara yakni di jalan Sunan Kudus meliputi perempatan baagil ke barat untuk penataan pedagang dandangan mengunakan satu sisi. Sedangkan untuk perempatan baagil ke timur dikhususkan untuk relokasi PKL lama.

BACA JUGA :  Lemuria Cup Futsal Competition Antar Pelajar MTS/SMP Se Karesidenan Pati

      Pedagang juga disediakan lokasi jualan di Jalan kyai Telingsing sebagian utara, jalan menara, jalan pangeran puger, jalan wahid hasyim, dan jalan KH.Ahmad Dahlan.

Sementara yang dari arah barat disiapkan lokasi mulai perempatan jember ke barat sampai pasar jember untuk penampungan melubernya pedagang lesehan terutama pada H-5.

      Dikatakan olehnya bahwa perlunya penataaan pedagang dandangan adalah dengan pertimbangan beberapa hal diantaranya mengeliminir komplain penduduk tepi jalan yang digunakan untuk penataan pedagang dandangan sehingga diharapkan keluhan penduduk utamanya kebersihan dan bau dilingkungan sekitar rumah dan gang kampung dapat ditekan seminimal mungkin.

      Disamping itu juga untuk mengeliminir terhambatnya mobilitas warga masyarakat yang memanfaatkan jalan Sunan Kudus.

BACA JUGA :  Sukun Executive Adventure Team Geber Gas Lereng Merapi

      Terkait dengan acara tradisi dandangan ini diberitahukan kepada warga bahwa mulai satu hari sebelum pelaksanaan atau tanggal ( 7 /6 ) sampai dengan satu hari setelah selesai maka arus lalu lintas akan dilakukan perubahan. Dalam hal ini pihaknya telah berkoordinasi dengan satlantas polres Kudus beserta Dishubkominfo.

      Ditambahkan olehnya bagi para pedagang yang ingin berjualan di acara dandangan bisa mendaftarkan diri yang dimulai tanggal 25 Mei 2015 sampai dengan 7 Juni di kantor pasar Taman Bojana.

      Bagi mereka yang mendaftar berlaku ketentuan harus membayar lunas kewajiban retribusi sebelum menempati lokasi dan satu orang diperbolehkan maksimal dua petak.

BACA JUGA :  Ingin Menambah Penghasilan?? Segera Gabung Menjadi Agen Laku Pandai Bank Jateng Cabang Kudus

      Untuk pedagang dandangan ini dari pemkab juga akan memprioritaskan para pedagang lokal Kudus, jelasnya.
(RC)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post