Adu Piawai Berkendara Para Difabel Ikuti Lomba Safety Riding

oleh
Adu Piawai Berkendara Para Difabel Ikuti Lomba Safety Riding
Foto: Salah seorang perserta dengan motor khusus saat beraksi pada lintasan yang dilombakan. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

PATI, ISKNEWS.COM – Puluhan penyandang difabel menunjukkan kepiawaiannya dalam berkendara. Dengan sepeda motor yang didisain khusus, mereka beraksi dalam lomba safety riding yang diselenggarakan Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Pati.

Lomba yang diadakan di pelataran Stadion Joyo Kusumo, pada Kamis (20-9-2018) itu diikuti sedikitnya 16 peserta. Dalam lomba tersebut para peserta ditantang untuk menunjukkan kemahiranya melewati jalur yang sudah disiapkan dengan mengendarai sepeda motor.

TRENDING :  Ditandai Dengan Pemukulan Gong, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pati Resmikan Kampung KB

Meski dengan segala keterbatasannya, para peserta terlihat percaya diri saat mengikuti lomba. Mereka terlihat mahir ketika harus bermanufer, zig-zag dan melaju tanpa menyenggol palang pembatas.

Kasatlantas Polres Pati, AKP Ikrar Potawari mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian untuk menyambut HUT yang ke 63 Satuan Lalu lintas.

Menurutnya, kegiatan lomba yang mengikutsertakan para difabel selain sebagai pembeda dari peringatan sebelumnya, juga merupakan bentuk kepedulian kepolisian terhadap para penyandang difabel. Selain itu, mereka sebagai pengguna jalan pun mempunyai hak dan kuwajiban yang sama dengan pengguna jalan lainnya.

TRENDING :  Stop Penyebaran Paham Radikalisme Dikalangan Mahasiswa

“Dalam berkendara di jalan raya mereka mempunyai peranan yang sama dengan pengendara normal lainya. Kerena itu pengetahuan tentang tertib berlalu lintas juga wajib mereka pahami untuk menjaga keselamatan saat berkendara ” jelas Ikrar.

TRENDING :  Untuk meningkatkan anak gemar membaca, Kodim Pati membuka perpustakaan keliling

Selain lomba ketangkasan dan keselamatan berkendara, Satlantas Polres Pati pun menyelenggarakan lomba lari 100 meter yang juga melibatkan difabel. Dengan melibatkan para penyandang cacat tersebut, imbuh Ikrar, secara tidak langsung memberikan motivasi dan menumbuhkan kepercayaan diri bagi masing-masing peserta. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :