Agar Badan Tetap Fit Saat Peralihan Musim

Agar Badan Tetap Fit Saat Peralihan Musim

Isknews.com – Musim hujan diprediksi akan berlangsung di sebagian besar kawasan Indonesia mulai akhir Oktober tahun ini. Sebelum masuk musim hujan, kita akan lebih dulu dihadapkan dengan pancaroba atau peralihan dari musim panas.

Pancaroba ditandai dengan cuaca yang tidak menentu berubah tiba-tiba di sepanjang hari. Kadang pagi yang cerah tiba-tiba berubah menjadi hujan pada siang hingga petang, dan kembali cerah saat malam.

Keadaan ini menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kondisi dengan sangat cepat. Jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu. Karena itu, penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

BACA JUGA :  Khitan Dalam Pandangan Kesehatan dan Agama

Berikut sejumlah tips sederhana yang dirangkum dari berbagai sumber, untuk melindungi diri Anda dari bakteri dan virus yang bisa mengganggu kesehatan sepanjang peralihan musim.

Jaga kebersihan
Selalu jaga kebersihan lingkungan rumah dengan teratur dengan mengoptimalkan ventilasi rumah sebagai sirkulasi udara dan juga cahaya, menguras bak mandi atau penampungan satu kali dalam seminggu, mengganti atau membersihkan vas bunga dan tata ulang barang-barang di tempat Anda tinggal. Jika tidak memungkinkan untuk mendaur ulang barang-barang bekas Anda, buanglah ke tempat pembuangan.

Asupan nutrisi
Tubuh membutuhkan nutrisi yang seimbang setiap harinya. Yaitu dengan memberi asupan tubuh dengan makanan-makanan yang mengandung gizi dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Nutrisi seimbang ini juga memperhatikan variasi makanan, aktivitas fisik sehari-hari, kebersihan, dan berat badan ideal. Dengan memenuhi nutrisi seimbang setiap hari, tubuh Anda akan terasa fit dan bugar, serta tidak mudah terserang penyakit.

BACA JUGA :  HKN ke 51 Jadikan Pelayanan Kesehatan Lebih Baik

Cegah dehidrasi
Dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh bisa mengakibatkan sejumlah gangguan, seperti sakit kepala, pusing, lesu, murung, daya respon rendah, dan sebagainya. Untuk mencegah diri dari dehidrasi, minimal Anda minum air putih sebanyak dua liter per hari. Letakkan botol air putih tersebut pada meja kantor atau tempat yang mudah Anda raih supaya cairan tubuh Anda tetap terjaga. Kedua, agar terhindar dari dehidrasi jagalah ruangan di kantor atau rumah Anda tetap lembab.

Istirahat yang cukup
Pastikan Anda memiliki jam tidur yang cukup. Kualitas tidur yang baik minimal 6 jam dan kurangi tidur larut malam. Selain itu, kualitas tidur yang baik dapat membantu mendorong regenerasi sel-sel tubuh dan jaringan, serta mempengaruhi pada stamina dan kesiapan tubuh dalam melakukan aktivitas pada keesokkan harinya.

BACA JUGA :  Kembalikan Senyum Ceria Generasi Penerus Bangsa

Olahraga
Dengan menambah jam olahraga, Anda dapat meningkatkan aliran darah ke setiap organ tunggal tubuh, termasuk kulit, dan akan menghasilkan kulit yang lebih baik, sehat, dan bercahaya indah.

(AS)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post