Akan Dibuat Dua Jalur Jalan Khusus Ke Pasar Baru Kudus

Akan Dibuat Dua Jalur Jalan Khusus Ke Pasar Baru Kudus

Kudus, isknews.com – Jalan khusus menuju Pasar Baru, Kudus, menurut rencana akan dibuat menjadi dua jalur. Hal itu terkait kondisi jalan yang sekarang ini yang hanya selebar 6 meter, sehingga akan menyulitkan kendaraan roda empat yang bersimpan+gan, lebih-lebih kendaraan besar seperti truk yang melakukan bongkar-muat barang di pasar baru itu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, Sam’ani Intakoris, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan dan Pemeliharaan Jalan, Hari Wibowo, yang dihubungi isknews.com, Rabu (12/04), membenarkan hal itu. Menurut dia, dengan kondisi lebar ukuran 6 meter itu, jalan khusus ke Pasar Baru, sepanjang 573 meter itu, hanya bisa dibagi menjadi dua lajur, untuk arus lalu lintas dua arah. Padahal dengan sudah difungsikannya Pasar Baru, secara pelan tapi pasti, jalan tersebut nantinya akan dipadati kendaraan yang akan keluar masuk ke pasar tersebut.

“Dengan dibuat dua jalur, nantinya jalan itu akan menjadi empat lajur, sehingga lalu lintas, termasuk kendaraan-kendaraan besar, seperti truk, akan leluasa dan lancar bersimpangan.”
Jalur jalan baru itu, ungkapnya lanjut, nantinya akan dibangun berdampingan di sebelah utara jalan yang ada sekarang. Pelaksanaannya akan melalui beberapa tahapan, dari mulai pengukuran, pembebasan tanah, sampai pengerjaan bangunan fisik. “Diharapkan untuk pra pelaksanaan bisa diselesaikan pada TA 2017 ini, sehingga pada TA 2018, jalur jalan baru itu sudah bisa dikerjakan.”

Kabid Pembangunan Pemeliharaan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Kudus itu menambahkan, sebagai pemisah dua jalur jalan itu, nantinya akan dibuat taman, agar terlihat asri, sejuk dan indah. “Sedangkan di sisi atau tepi jalan, akan didirikan pagar, untuk keamanan dan mencegah munculnya PKL, di sepanjang jalah menuju Pasar Baru itu.” (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Jayus : Seluruh Proyek Infrastruktur Transportasi Dan Jalan Raya Harus Sudah Dihentikan Sementara

Share This Post

Post Comment

*