Akan Dipentaskan di TMII Sendra Tari Icon Kabupaten Kudus

Akan Dipentaskan di TMII Sendra Tari Icon Kabupaten Kudus

Kudus, isknews.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Kudus, kini sedang mempersiapkan diri untuk mengisi acara pertunjukan seni di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), di Jakarta. Pada pentas seni yang menurut rencana akan dihelat pada 3 Desember 2017 itu, Kabupaten Kudus akan menampilkan sendra tari icon Kabupaten Kudus.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Disbudpar Kabupaten Kudus, Sri Wahjuningsih, yang dihubungi isknews.com, Jumat (10/11), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, sendra tari yang akan dipentaskan di TMII itu, adalah icon Kabupaten Kudus, yakni sejarah asal mula Desa Kauman Kulon, Kecamatan Kota Kudus, sampai berdirinya Masjid Menara Kudus. “Pentas di TMII pada 3 Desember 2017 itu, sudah dijadwalkan oleh pihak TMII di Jakarta dan Kudus yang mendapat giliran mengisi acara pada hari itu.”

Karena membawa nama Kabupaten Kudus di mata nasional, lanjutnya, dalam mempersiapkan sendra tari itu, Disbudpar Kudus menggandeng seniman tari Yoyok, dari Semarang. Mulai dari penulisan skenario, koreografi sampai musik gamelan pengiring tarian, dipercayakan sepenuhnya kepada sutradara tari kawakan dari Sanggar Tari Greget Semarang itu. “Jumlah penarinya sebanyak 30 orang, semuanya dari sanggar tari lokal Kudus.”

Sendra tari Icon Kudus itu cukup lama, durasinya sekitar dua jam. Karena itu, untuk melewatkan waktu, selama menunggu para penari mempersiapkan diri, pada pra acara, akan ditampilkan tarian Batik Kudus. Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati atau menyantap kuliner Kudus, di stand sekitar panggung pertunjukan TMII. “Diantara kuliner khas Kudus yang akan kami bawa, adalah Lentog Tanjung,” tutur Kabid Pariwisata Disbudpar Kabupaten Kudus itu. (DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Batik Motif Pekalongan? Motif Solo? Bukan. Ini Adalah Motif Batik Khas Kudus.

Share This Post