Akbid Kudus Alih Bentuk Jadi Politeknik, Tawarkan Tujuh Prodi

oleh
Ketua Pembina Yayasan Muria Bina Insan Mulia Sam'ani Intakoris didampingi Durektur Akbid Kudus Trsino Suwandi, saat memberikan pengarahan dalam acara gathering alih bentuk menjadi politeknik di Akbid Kudus, Kamis (18/10/2018). (Doc. Akbid Kudus)

Kudus, ISKNEWS.COM – Akademi Kebidanan (Akbid) Kudus segera beralih bentuk menjadi Polteknik Kudus. Demikian disampaikam Direktur Akbid Kudus Trisno Suwandi, Kamis (18/10/2018). Diharapkan tahun ini surat keputusan (SK) izin operasional dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristek-Dikti).

“Proses izin sudah berjalan dua tahun, tinggal menunggu SK saja. Mudah-mudahan tahun ini turun, supaya kita bisa membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru pada ajaran baru 2019 mendatang,” katanya ketika dihubungi wartawan ISKNEWS.COM melalui ponsel pribadinya.

TRENDING :  Bupati Kudus Tetap Komitmen Majukan Pendidikan

Terkait hal itu pihaknya menyelenggarakan gathering yang dihadiri Ketua Pembina Yayasan Muria Bina Insan Mulia (MBIM) Sam’ani Intakoris, pengurus yayasan dan civitas akademika, Kamis (18/10/2018) di Akbid Kudus.

Dijelaskan, nantinya Politeknik Kudus akan menawarkan tujuh program studi (prodi), dimana satu prodi yakni program diploma tiga (D3) Kebidanan masih dipertahankan ditambah enam prodi baru.

Yaitu Prodi Kebidanan Program Sarjana Terapan, Prodi Pendidikan Profesi Bidan, Prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak, Prodi D4 Teknologi Laboratorium Medis, Prodi D4 Manajemen Informasi Kesehatan, dan Prodi D4 Animasi.

TRENDING :  Mensos Khofifah jadi Narasumber Kuliah Tamu di UMK

Trisno berharap dengan alih bentuk menjadi Polteknik dapat meningkatkan minat mahasiswa. Menurutnya keputusan alih bentuk menjadi Politeknik diambil karena persaingan dunia perguruan tinggi saat ini sangat tinggi.

Apabila, lanjutnya, masih bertahan dengan status Akbid Kudus dan hanya membuka satu prodi yakni D3 Kebidanan tentu hal itu akan menjadi hambatan untuk bersaing dengan perguruan tinggi lainnya.

TRENDING :  Ucap Janji dan Pemasangan Cap Profesi Mahasiswa AKBID Kudus 2016/2017

“Ini adalah terobosan yang diharapkan dapat menarik minat mahasiswa lebih banyak lagi,” tandasnya. Ditambahkan, satu Prodi yakni D4 Animasi merupakan masukan dari Kemenristek Dikti karena di Kudus sendiri ada sekolah animasi yaitu SMK Raden Umar Said.

Sebelumnya Akbid Kudus pada 5 Mei 2018 lalu juga berhasil meraih Akreditasi B yang menambah peluang beralih menjadi polteknik lebih besar. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :