Akhir Pekan Ini, Puncak Arus Balik di Terminal Induk Kudus

Akhir Pekan Ini, Puncak Arus Balik di Terminal Induk Kudus

Kudus, isknews.com – Puncak arus balik Lebaran 2017 di Terminal Induk Jati kabupaten Kudus terjadi pada akhir pekan ini, hal itu terlihat saat pantauan isknews.com pemudik memadati area terminal pada Jum’at (30/6/2017) dan Sabtu (1/7/2017).

Koordinator Terminal Induk Jati Kudus Jailani, kepada isknews.com mengatakan, adapun puncak arus balik itu terjadi dikarenakan bersamaan dengan berakhirnya masa libur lebaran dan cuti bersama yang akan berakhir pada Senin (3/7/2017). Peningkatan jumlah penumpang arus balik mulai terlihat pada Kamis, namun dirinya memperkirakan sampai selasa nanti masih ada pemudik, karena pekerja bangunan yang perantauan memanfaatkan tiket Bus murah.

“Berdasarkan pantauan kami, arus balik dari kemarin sudah ada lonjakan. Prediksi puncak arus balik terjadi pada Sabtu dan Minggu. Pantauan dari agen-agen bus di dalam terminal, tiket sudah banyak dipesan khususnya keberangkatan ke Jakarta dan Bogor dan kota di Jawa Barat,” kata dia saat ditemui isknews.com di terminal Induk Kudus, Sabtu (1/7/2017).

TRENDING :  I Love Street Soccer High School

Berdasarkan pantauan isknews.com, para pemudik mulai memadati Terminal Induk Kudus pada Jumat siang. Beberapa pemudik mengaku kembali ke daerah perantauan ke wilayah Bekasi serta Jakarta.

Salah satu penumpang, Khoirul, 26, mengatakan memilih kembali ke Cikarang Bekasi pada Jum’at, agar memiliki waktu cukup banyak guna beristirahat sebelum kembali berkerja pada Senin (3/7/2017). Selama libur Lebaran, Alumni SMK wisuda Karya itu mudik ke kampung halamannya di wilayah Kecamatan Gebog.

TRENDING :  Rider Seat Lalui Jalur Jhon Rambooo

Soal harga tiket bus, ia tak menampik mengalami kenaikan. Untuk tujuan ke Bekasi, harga tiket yang dijual senilai Rp350.000/orang. “Harganya naik dua kali lipat dibanding hari biasa (di luar libur Lebaran). Kalau harganya segitu ya maklum karena Lebaran,” kata dia.

Calon penumpang lainnya, Supri, 20, juga kembali ke kota tempat ia bekerja di Cikarang, Bekasi, setelah mudik ke daerah kecamatan Mejobo. Ia menuturkan tiket yang ia beli seharga Rp. 400.000. “Kalau menurut saya masih wajar harganya segitu,” tutur dia.

TRENDING :  Kirab Budaya Menjelang Bulan Puasa di kabupaten Kudus

Salah satu agen bus, Supri, menuturkan puncak arus balik di Terminal Induk Jati Kudus terjadi pada Jumat-Sabtu berdasarkan penjualan tiket. Ia menjelaskan jumlah penumpang saat arus balik tahun ini menurun dibanding tahun lalu.

“Dulu itu empat hingga lima hari ramai penumpang. Mungkin karena banyak program mudik gratis serta banyak pemudik yang memilih menyewa mobil untuk mudik,” ungkap dia.

Soal harga tiket, ia tak menampik mengalami kenaikan dari harga tiket hari biasa berkisar Rp160.000/orang menjadi Rp320.000/orang, bahkan bisa lebih tergantung tujuannya. “Harganya yang menentukan dari PO. untuk tidak kemungkinan tidak naik lagi,” jelasnya (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post