Akhirnya, Kudus Raih Adipura Kencana

oleh

Jakarta, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus Musthofa menerima penghargaan Adipura Kencana dari Presiden RI Joko Widodo. Penyerahan penghargaan adipura dan kalpataru dilangsungkan di Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Jakarta, Rabu (02/08/2017).

Anugerah Adipura Kencana merupakan penghargaan Adipura tertinggi kepada kabupaten/kota yang memenuhi syarat sebagai Kota yang Berkelanjutan. Di Jawa Tengah, hanya Kudus yang berhasil meraihnya.

Selain Kudus, ada lima kabupaten/kota lainnya yang mendapat Anugerah Adipura Kencana, yakni Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Balikpapan, dan Kabupaten Jombang.

Musthofa mengaku sangat bangga dapat meraih penghargaan Adipura Kencana tahun ini. Disampaikannya, keberhasilan ini bukan hanya prestasi kepala daerah, tetapi ada tujuan lain yang lebih penting yaitu menjaga lingkungan, dengan segala aspeknya untuk kesejahteraan seluruh masyarakat.

TRENDING :  Kudus Optimis Raih Kembali Adipura Kencana
Doc. Setneg

”Adipura Kencana ini untuk seluruh masyarakat dan ke depannya kami harapkan partisipasi dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dapat lebih ditingkatkan lagi,” imbuhnya.

Dia juga berharap kinerja OPD yang membidangi pengelolaan lingkungan lebih meningkatkan kinerjanya. Membuat inovasi dalam mengelola lingkungan, terutama bagaimana bisa membuat sampah menjadi berkah bukan sebaliknya menjadi masalah lingkungan.

TRENDING :  DLH Berikan Himbauan Kebersihan Keliling Kepada Masyarakat Menggunakan Mobil

Sementara itu, Presiden RI Jokowi dalam sambutannya memberikan ucapan selamat dan mengingatkan pentingnya menjaga hutan dan lingkungan. Selain memperoleh lingkungan yang sehat, tentu ada manfaat secara ekonomi yang bisa didapat.

“Kalau hutan di negara lain bisa memakmurkan. Tentunya di negara kita seharusnya juga bisa,” kata Jokowi yang berpesan tidak boleh ada pengelolaan hutan dan alam yang berorientasi proyek.

Kabupaten/kota yang dinominasikan Anugerah Adipura Kencana ini diharapkan tidak hanya mampu menyelesaikan berbagai isu lingkungan hidup seperti pengelolaan sampah, pengendalian pencemaran dan ruang terbuka hijau (RTH), tapi juga berinovasi di bidang pengelolaan sampah dan RTH.

TRENDING :  Dua PSK Tertangkap Saat Satpol PP Patroli

Selain itu diharapakan juga mampu membuat sistem pengendalian dampak perubahan iklim, pemanfaatan energi baru terbarukan, serta penurunan ketimpangan ekonomi dan sosial berbasis pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Kriteria lain sebagai penilaian yakni kabupaten/kota yang dinominasikan meraih Anugerah Adipura Kencana ini juga harus telah meraih Anugerah Adipura sebelumnya minimal tiga kali berturut-turut. Dan Kudus memenuhi syarat keseluruhannya. (MK)

KOMENTAR SEDULUR ISK :