Akhmad Mundakir,” Pendirian Rumah Ibadah Harus Mendapat Ijin Bupati “

by

Pati,isknews.com – Regulasi pendirian rumah ibadah sudah diatur dalam  Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan Nomor 9 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Pendirian Rumah Ibadah.

Pada Pasal 13 Perber Menag dan Mendagri No. 8/9 Tahun 2006, disebutkan bahwa pendirian rumah ibadah didasarkan pada keperluan nyata dan sungguh-sungguh berdasarkan jumlah penduduk bagi pelayanan umat beragama yang bersangkutan di wilayah kelurahan/desa.

TRENDING :  20 Masyarakat Kurang Mampu Terima Bingkisan Dari Kodim Di Sela Penutupan TMMD

Kepala Kantor Kementrian Agama kabupaten Pati,Akhmad Mundakir menjelaskan,”Pendirian rumah ibadah ini dilakukan dengan tetap menjaga kerukunan umat beragama, tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum, serta mematuhi peraturan perundang-undangan.”

Dalam Perber Menag dan Mendagri No. 8/9 Tahun 2006 disebutkan,Pendirian rumah ibadah wajib memenuhi persyaratan administrative dan persyaratan teknis bangunan gedung. Demikian juga harus memenuhi persyaratan khusus, meliputi:

  1. Daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadah paling sedikit 90 orang yang disahkan pejabat setempat sesuai dengan tingkat batas wilayah;
  2. Dukungan masyarakat setempat paling sedikit 60 orang yang disahkan oleh lurah/kepala desa;
  3. Rekomendasi tertulis dari kantor departemen agama kabupaten/kota; dan
  4. Rekomendasi tertulis FKUB kabupaten/kota.
TRENDING :  Zaskyna Drm Corp's Raih Juara Dalam Bupati Cup Marching Concert Competition 2017

Permohonan pendirian diajukan oleh panitia pembangunan rumah ibadat kepada bupati/walikota untuk memperoleh IMB rumah ibadat. Bupati/walikota memberikan keputusan paling lambat 90 hari sejak permohonan pendirian rumah ibadat diajukan oelh panitia.

TRENDING :  Disegel, Toko Modern Berjejaring di Tambaharjo Ini Sempat Buka Dua Hari
KOMENTAR SEDULUR ISK :