Akses Jalan Menara Kudus Kini Sudah Dibuka Penuh

oleh -1,827 kali dibaca
Foto: Pintu akses masuk ke Jalan Menara Kudus, kini sudah dibuka penuh. (Foto : Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Akses masuk ke Jalan Menara Kudus, kini sudah dibuka secara penuh. Sebelumnya, pintu jalan ke lokasi Makam Sunan Kudus itu hanya dibuka sebagian, karena menunggu selesainya perbaikan jalan tersebut.

Pantauan isknews.com, Selasa (27-03-2018), setelah pintu masuk ke Jalan Menara Kudus itu dibuka secara penuh, arus lalu lintas, baik angkutan becak wisata, kendraan roda dua dan kendaraan roda empat, leluasa keluar masuk melalui pintu yang dihiasi gapura terbuat dari batu bata, mirip gapura Masjid Menara itu.

Khusus kendaraan roda empat, yang boleh masuk ke Jalan Menara, adalah kendaraan milik penghuni yang tinggal di jalan sekitar Masjid Menara, sebagaimana tertulis pada rambu-rambu di pintu masuk jalan tersebut.

Foto: Akses masuk ke Jalan Menara Kudus, sebelum dibuka penuh, ditutup pagar. (Foto : Darmanto Nugroho/ISKNEWS.COM)

Pemasangan rambu rambu oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kudus itu, sudah cukup lama, sekitar satu bulan lalu. Namun meskipun rambu-rambu larangan bagi kendaraan roda empat sudah dipasang, akses ke Jalan Menara Kudus itu, masih belum dibuka secara penuh.

Penyebabnya, perbaikan jalan tersebut masih berlangsung, sehingga untuk membuka secara penuh akses ke Jalan Menara itu, Dishub menyerahkannya kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus, selaku pelaksana proyek Jalan Menara Kudus itu.

Kewenangan Dishub terkait Jalan Menara, adalah mengatur arus lalu lintas sesuai peruntukannya, yakni hanya diperbolehkan untuk kendaraan roda dua dan becak, terlarang bagi kendaraan roda empat.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Kudus, Hari Wibowo yang dihubungi terpisah, di ruang kerjanya, membenarkan kalau pembangunan Jalan Menara Kudus itu, mengalami kerusakan di beberapa titik, sehingga dilakukan perbaikan, selama masa pemeliharaan.

Masa pemeliharaan tersebut, lanjutnya, selama enam bulan, terhitung sejak Desember 2017 – Mei 2018. Rekanan bertanggungjawab melakukan perbaikan, jika terjadi kerusakan terhadap proyek tersebut. Perbaikan memakan waktu cukup lama, karena tidak bisa dilakukan sekaligus.

“Intensitas arus lalu lintas di jalan tersebut setiap hari cukup padat. Kini perbaikan sudah selesai semuanya, sehingga kami berani membuka akses pintu masuk ke Jalan Menara itu, secara penuh.”

Seperti diberitakan di isknews.com, proyek pembangunan jalan kawasan Masjid Menara Kudus, sebagaimana tercantum dalam tulisan di papan proyek, memakan waktu selama 180 hari kalender, atau sekitar enam bulan.

Hal itu karena kegiatan yang dikerjakan tidak hanya peningkatan jalan, melainkan juga pembangunan drainase dan gapura pintu masuk ke kawasan Masjid Menara, sebanyak tiga buah di tiga lokasi yang letaknya terpisah, serta LPJU.

Untuk akses jalan, pada kawasan wisata religi Masjid Al Aqsha Menara Kudus yang dipasangi granit, sebanyak dua ruas jalan, yakni Jalan Menara dan Jalan Madurekso dengan ukuran panjang masing-masing 492,7 m, 167 m, lebar jalan rata-rata 5,10 m. Serta total anggaran atau biaya pembangunan proyek tersebut mencapai sebesar Rp 9.817.608.000. (DM/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :