Aksi Polisi Cilik, Berhasil Pukau dan Buat Penonton Gemas

oleh
Aksi Polisi Cilik, Berhasil Pukau dan Buat Penonton Gemas
Foto: Aksi polisi cilik Polres Kudus yang berhasil memukau dan buat penonton gemas, di GOR Bung Karno Kudus, Selasa (21-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Aksi para polisi cilik (pocil) dalam Lomba Polisi Cilik tingkat Polres Kudus dan Pengukuhan Polisi Cilik Polres Kudus tahun 2018, berhasil membuat penonton dan dewan juri terpukau sekaligus gemas dengan aksi mereka. Lomba yang digelar Polres Kudus di GOR Bung Karno pada Selasa (21-08-2018) itu, menjadi bagian perayaan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 dan HUT Bayangkara Ke-72.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 tersebut, dibuka dengan penyematan lencana kepada perwakilan pocil binaan Polres Kudus, oleh Kapolres Kudus, AKBP Agusman Gurning. Penyematan lencana ini menjadi pertanda resmi dikukuhkannya pocil Polres Kudus 2018.

Setelah dikukuhkan, para pocil ini beraksi menunjukkan kepiawaiannya dalam baris-baris dan mengatur lalu lintas. Seketika, aksi para pocil itu menuai sorak sorai dan tepuk tangan penonton maupun tamu undangan yang hadir. Penampilan apik mereka, berhasil membuka sekaligus memeriahkan suasana arena GOR Bung Karno Kudus.

TRENDING :  Sapa Pagi ISK – “Memantaskan Diri”

Kapolres Kudus, Agusman Gurning, mengatakan polisi cilik binaan Polres Kudus ini telah terbentuk pada tahun 2017 kemarin. Untuk anggotanya terdiri dari 48 personil yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

Aksi Polisi Cilik, Berhasil Pukau dan Buat Penonton Gemas
Foto: Penyematan lencana oleh Kapolres Kudus, Agusman Gurning kepada perwakilan polisi cilik Polres Kudus, di GOR Bung Karno Kudus, Selasa (21-08-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

“Para polisi cilik Polres Kudus ini telah kami bina selama kurang lebih satu setengah tahun dan pernah tampil dihadapan Persiden Indonesia, Joko Widodo pada 11 Juli 2017,” ujarnya. Keberhasilan Polres Kudus dalam membina para polisi cilik ini diharapkan dapat berlanjut ke tahun-tahun selanjutnya.

TRENDING :  Atlet Sepak Takraw Putra Jepara Sumbang Perak dan Perunggu

AKBP Agusman Gurning mengungkapkan, pada tahun depan usia pocil ini akan bertambah dan jenjang pendidikannya akan semakin tinggi. Oleh karenanya, melalui lomba polisi cilik tersebut, diharapkan dapat menjaring pocil-pocil yang berbakat untuk kemudian dibina oleh Polres Kudus dan menjadi Polisi Cilik tahun 2019.

Dilanjutnya, lomba polisi cilik juga menjadi ajang untuk melatih kedisiplinan dan pendidikan karakter bagi generasi muda. Bekal pendidikan karakter yang kuat, diharapkan dapat menghasilkan generasi bangsa yang hebat.

“Polisi cilik ini nantinya akan membantu kami dalam mensosialisasikan tata tertib lalu lintas kepada masyarakat. Dengan begitu, kesadaran masyarakat untuk mematuhi tata tertib lalu lintas semakin tinggi dan angka kecelakaan lalu lintas juga bisa berkurang,” harapnya.

TRENDING :  Ini Kata Bupati Kudus Saat Lomba Desa di Tanjung Rejo Jekulo

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, Kasmudi. Dalam sambutannya, dia menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Kudus yang telah berkenan memberikan pendidikan karakter kepada generasi muda. “Semoga kegiatan positif seperti ini dapat berlajut ditahun-tahun selanjutnya,” ujarnya.

Sebelum memulai perlombaan Kapolres Kudus, Agusman Gurning berpesan agar peserta fokus menunjukkan penampilan yang terbaik dan selalu menjaga sportivitas. “Semangat berlomba, tunjukkan penampilan terbaik sebagaimana yang diajarkan oleh pelatih,” pesannya. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :