Al-Qur’an Raksasa di Masjid Agung Kudus

oleh

alquran

 

Mushaf Al-Qur’an ini ditulis sesuai dengan penulisan Mushaf Al- Qur’an standar utsmani Indonesia, sehingga disebut Mushaf Al-Qur’an Pusaka standar dan dibuat oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Daerah Tingkat II Kudus untuk dipersembahkan kepada Pemerintah Daerah Tingkat II Kudus.

Bp Masrukhan selaku kepala kantor masjid Agung Kudus mengatakan dulu Al-Qur’an tersebut dibaca ketika bulan Ramadhan dan moment-momen tertentu saja, tetapi saat ini Al Qur’an tersebut biasa dibaca oleh Ikatan Pembina Qori’ Qoria’ah (IPQOH) Kabupaten Kudus setiap malam ahad. Dan Al Qur’an ini diletakkan di atas penyangga Al

TRENDING :  7 Alasan Menghafal Alquran Di kota Kudus

5d1b3a71d3f693c92ff7b2b577268f06

Qur’an yang terbuat dari sejenis stenlis dan ditutup oleh kain agar tidak terkena debu.

Sebelum Al Qur’an ini disimpan dan dirawat di Masjid Agung Kudus berada di kantor kabupaten Kudus, namun karena beberapa hal salah satunya agar lebih terjaga dan terawat akhirnya pemerintah kabupaten Kudus menyerahkan Al Qur’an ini di Masjid Agung Kudus.”Imbuhnya

Salah satu penulisnya, Noor Aufa Siddiq misalnya, pernah menyabet juara kaligrafi tingkat nasional, juara tingkat ASEAN di Brunei Darussalam, dan ajang penulis dunia di Turki.

TRENDING :  Bersih Makam, Bertemunya Antarumat Jelang Ramadhan di Sukodono

Alquran yang kemudian disebut dengan mushaf pusaka itu ditulis sesuai standar khat Ustmani Indonesia. Mushaf itu disusun Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Kudus mulai 22 Februari 1995.

Penulisan itu atas restu kyai sepuh Kudus KH Syaroni Ahmadi. Setiap halaman mushaf ditaskhih Pengasuh Ponpes Yanbu’ul Quran KH Ulin Nuha Arwani. “Penulisan berlangsung hampir selama tiga tahun. Mushaf ini rampung pada tanggal 19 Januari 1998,” katanya.

TRENDING :  Dikhawatirkan Jadi Sarang “Uka-uka” Eks Polsek Cendono Akan Dibongkar

Keberadaan mushaf raksasa ini menambah semangat membaca Alquran di kalangan remaja masjid. Ketua Masjid Agung Kudus Nur Badi mengatakan, semarak Ramadan akan diramaikan dengan kegiatan tadarus setiap malam.

Al-Qur’an yang tebalnya mencapai sekitar 25 cm ini memiliki ukuran lebar kurang lebih 1,8 m dan panjang sekitar 80 cm. Berat Al-Qur’an pusaka ini mencapai 1 kwintal

‪#‎neng‬

KOMENTAR SEDULUR ISK :