Amankan Stok Darah Selama Ramadhan, PMI Kudus Aktif Jemput Bola

oleh
Kasi Humas UDD PMI Kudus, Praptiningsih saat mengecek ketersediaan darah. (Aris Sofiyanto/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Selama bulan ramadhan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kudus rutin melakukan donor darah. Jemput bola juga dilakukan di gereja dan tempat keramaian.

Hal itu dilakukan agar stok darah hingga lebaran terpenuhi, mengingat setiap memasuki ramadhan kerap terjadi penurunan stok darah. Penyebabnya jumlah pendonor yang berkurang.

TRENDING :  Bersama Baznas, ASN Kemenag Kudus Tunaikan Zakat Senilai Rp806,2 Juta

”Untuk menyiasati kekosongan, kami akan rutin melakukan penjemputan bola ke gereja, dan tempat keramaian seperti di balai jagong dan standby di Alun-alun Simpang Tujuh Kudus,” ujar Kasi Humas UDD PMI Kudus, Praptiningsih saat dihubungi isknews.com, Rabu (8/5/2019).

Sampai hari ini, stok darah di PMI untuk golongan darah A sebanyak 187 kantong, golongan darah B ada 230 kantong, golongan darah O ada 179 kantong, dan AB ada 79 kantong.

TRENDING :  Pemerintah Beri Beasiswa Khusus Santri dan Ustadz

Sebanyak 675 stok darah yang dimiliki PMI itu, diperkirakan hanya mampu mencukupi selama beberapa hari kedepan. Harapannya, stok darah yang ada mampu mencukupi kebutuhan setiap harinya.

TRENDING :  80 sak Pupuk Bersubsidi Tak Dilengkapi Surat Diamankan Polres Kudus

Setiap hari, dihari biasa kebutuhan darah di Kabupaten Kudus sekitar 30 – 40 kantong. Ditambah dari Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) biasanya juga mengambil kantong darah. Terpenuhinya stok darah ini dikarenakan adanya mobil unit PMI yang aktif berkeliling mencari pendonor. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :