Angka Pertumbuhan Ekonomi di Pati Naik Lebih Tinggi, Dibanding Jawa Tengah dan Nasional

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pati sampai dengan Oktober 2017 mengalami peningkatan signifikan, peningkatan tersebut di pengaruhi dari beberapa sektor terutama sektor pertanian dan perikanan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pati Haryanto, usai menggelar rapat koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pati di Gedung Korpri. Senin (16/10/2017).

“Pertumbuhan ekonomi di Pati mampu berada diatas rata-rata, yakni 5,98 persen dibanding tingkat Jawa Tengah berkisar 5,2 persen dan Nasional 5,1 persen,”jelasnya.

Bupati juga mengaku, selama dia menjabat angka kemiskinan baru turun 2,2 persen, angka tersebut dinilai maksimal, oleh karenanya, bupati meminta kepada dinas terkait untuk validasi data. Hal tersebut perlu dilakukan untuk mengetahui sektor mana yang masih lemah, sehingga kedepan ada prioritas dalam penangananya.

“Semenjak saya menjabat, angka kemiskinan itu baru turun 2,2 persen. Maka dalam rakor kemiskinan tadi, saya pacu untuk validasi data. Biar data yang masuk itu benar-benar akurat, karena program-program saya untuk mengentaskan kemiskinan itu cukup besar,”tambahnya.

Bupati Pati dalam masa jabatan yang kedua ini bertekat, untuk memacu pergerakan ekonomi dari berbagai sektor, diantaranya sektor perikanan, pertanian, perdagangan, UMKM, karena dari sektor tersebut mempunyai pengaruh tinggi.

“Menurut data yang selama ini masuk, sektor perikanan dan perikanan mempunyai pengaruh tinggi terhadap pengentasan kemiskinan, kemudian dari sektor yang lain diantaranya perdagangan dan UMKM. Dalam masa jabatan saya yang kedua ini, kami akan memberikan bantuan yang sifatnya produktif akan kami beri kailnya bukan ikanya,”pungkasnya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Angka Pertumbuhan Ekonomi