Aparat Gabungan Geledah Rutan Kelas II B Kudus

Kudus, ISKNEWS.COM – Aparat gabungan dari Rutan Kelas II B Kudus bersama Polres setempat melakukan razia di Rutan Kelas II B Kudus, Senin (16-04-2018) malam. Razia dipimpin langusng Kela Rutan Budi Prajitno bersama Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning.

Puluhan anggota Polres Kudus bersama petugas rutan menggeledah satu per satu sel. Setiap sudut tak luput dari pemeriksaan. Sementara para penghuni sel dipindahkan sementara ke aula agar lebih memudahkan razia.

Kepala Rutan Kelas II B Kudus Budi Prajitno mengatakan, sasaran pada razia kali ini di antaranya senjata tajam, narkoba, minuman keras (miras), telepon seluler, dan barang terlarang lainnya.

“Termasuk sendok stainless juga dilarang ada di dalam sel karen itu berbahaya dapat disalahgunakan,” ungkapnya.

Dijelaskan Budi, telepon seluler menjadi salah satu target utama razia. Sebab dari barang tersebut biasanya menjadi awal peredaran narkoba dan tindak kejahatan lainnya yang dilakukan dari balik jeruji besi.

Apalagi, lanjutnya, di dalam rutan terdapat 21 orang yang terjerat kasus narkoba. Hal itu membuat pihaknya melakukan pengawasan ketat agar tidak ada peredaran narkoba di dalam rutan.

Budi menambahkan, saat ini penghuni rutan 192 orang. Tujuh di antaranya merupakan perempuan dan delapan lainnya anak-anak. “Seharusnya kapasitas rutan hanya 104 orang, namun jumlah tahanan mencapai 192,” ujarnya.

Dia mengakui Rutan Kelas II B Kudus overload tahanan mencapai 90 persen. Untuk mengatasi permasalahan itu biasanya ditransfer ke rutan lainnya yang ada di eks Keresidenan Pati.

Terkait hasil razia Budi menyampaikan, tidak ditemukan barang berbahaya ataupun barang terlarang. “Kita rutin menggelar razia. Sebulan bisa sampai delapan kali,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning mengungkapkan, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Rutan Kelas II B Kudus. Razia juga rutin digelar hingga beberapa kali dalam sebulan.

“Kita selalu mengantisipasi tindak kejahatan dari dalam tahanan. Jangan sampai ada semisal gembong narkoba di tahanan yang masih mengendalikan peredaran dari balik jeruji besi,” tukasnya. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
Geledah RutanKelas II B Kudus