Banyak Pencari Kerja Palsukan Umur

Jepara, ISKNEWS.COM – Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jepara mengaku hingga kini masih sering dijumpai pencari kerja yang memalsukan umurnya. Hal ini, menurut Kasie Penempatan, Perluasan Kesempatan Kerja, Pelatihan dan Produktivitas Amrina Rosyida hampir tiap hari ditemui saat pencari kerja membuat surat AK 1 di kantornya.

“Hamir setiap hari kita masih menjumpai pembuat kartu pencari kerja (AK 1) yang mencoba memalsukan umurnya menjadi lebih muda dari sebenarnya,” kata Amrina, Kamis (12-7-2018).

Mencoba menjadikan umur lebih muda, kata Amrina, rela dilakukan oleh para pencari kerja lantaran agar bisa masuk ke perusahaan garmen yang memang lebih banyak membutuhkan tenaga kerja dengan usia muda. “Alasan mereka kan biar usianya lebih muda sehingga bisa diterima kerja di pabrik garmen,” jelasnya.

Pemohon kartu AK 1 ini, lanjut Amrina, sejak setelah lebaran memang cukup banyak. Hanya saja, karena keterbatasan waktu dan personil, maka setiap harinya dibatasi sampai dengan 250 pemohon. “Tiap harinya kita batasi hanya untuk 250 pemohon. Jika tidak dibatasi kita bisa sampai sore bahkan malam untuk melayani pembuatan kartu pencari kerja ini,” imbuhnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
IskjeparaPalsukan Umur