Bentuk Karakter Anak Sejak Dini, Yayasan Al-Islamiyah Karangbener Gelar Manasik Haji

oleh -1,150 kali dibaca

Kudus, ISKNEWS.COM – Manasik haji dikenalkan ke ratusan anak didik dari KB, TK, RA, SDIT di lingkungan yayasan Al-Islamiyah Karangbener Bae Kudus, Selasa (21/8/2018) sore. Kegiatan dilanjutkan dengan gema takbir Idul Adha pada malam harinya.

Gigih Agus Purnomo, Ketua Yayasan Al-Islamiyah mengatakan, Kegiatan manasik haji ini memasuki tahun ke 9. Diikuti sedikitnya 400 siswa, diantaranya dari TPA, KB dan TK  Amanda, Kemudian RA dan SDIT Al-Islamiyah. “Tujuannya untuk membentuk karakter, serta menginspirasi para siswa agar berperilaku baik dan terpuji dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan manasik haji juga bertujuan untuk mengenalkan tahapan-tahapan dalam melaksanakan ibadah haji kepada anak. Kemudian, lanjut Gigih, kegiatan ini menanamkan nilai-nilai pemahaman tentang pengorbanan dan ketaatan kepada Allah SWT pada anak usia dini, sehingga pada saatnya nanti mereka menyadari bahwa kewajiban seorang muslim yaitu berkurban dan melaksanakan rukun Islam yang ke lima.

Diawali dengan rukun haji yang pertama yakni niat untuk melakukan ibadah haji, ratusan siswa yang mengenakan pakaian ihram serba putih layaknya calon jamaah haji sesungguhnya tampak mereka antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan didampingi para guru masing-masing. “Dengan manasik haji yang dilakukan rutin setiap tahunnya, bertujuan (untuk) menanamkan nilai-nilai sejak usia dini,” harapnya.

Terlihat para orang tua juga menunggu sambil duduk di ratusan kursi yang telah disediakan oleh panitia. Dalam manasik haji, seluruh siswa diwajibkan melakukan seluruh rangkaian rukun haji diantaranya melakukan niat, ibadah haji, melempar jumrah, tawaf, mengelilingi kabah, meminum air zam-zam dan lainnya. “Anak-anak diajarkan rukun haji sejak dini sehingga mereka dapat memahami seperti layaknya menunaikan ibadah haji yang sesungguhnya. Melalui pelatihan manasik haji anak, kita tumbuhkan iman dan takwa kepada Allah SWT serta semangat berhaji sejak dini,” harapnya.

Diketahui, Yayasan Al-Islamiyah berdiri sejak 2008 silam, “Dulu berdirinya dihalaman pemilik yayasan yang baru diisi 30 siswa dan 8 guru, waktu itu hanya tingkat PAUD dan sekarang Alhamdulillah semakin bertambah siswanya maupun jenjang sekolah juga bertambah, yakni SDIT Al-Islamiyah,” pungkasnya. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :