BHRD Kudus Tidak Melihat Hilal, Umur Bulan Sya’ban 1439H Istikmal

Kudus, ISKNEWS.COM – Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kudus tidak bisa melihat hilal pada 29 Sya’ban 1439H atau Selasa (15-5-2018). Ketidakbisaan melihat hilal tersebut dikarenakan ada beberapa faktor.

Ketua Tim Hisab Rukyat Kudus M Agus Yusrun Nafi mengatakan ada tiga faktor yang mengakibatkan BHRD Kudus tidak bisa menyaksikan hilal. Pertama yakni, ketinggian hilal hanya 0,13 derajat padahal minimal 2 derajat.

“Kemudian cuaca hari ini mendung, dan ketiga ketiga fokus lihat terhalang dengan pohon sehingga kebawah, seandainya ketinggian hilal dua derajat akan bisa dilihat, namun tadi hanya 0,13 sehingga tidak bisa,  posisi hilal pas di pohon,” papar dia, Selasa (15-5-2018).

Ia mengatakan, hasil yang didapatkan dari hasil rukyat di gedung J UMK Kudus itu. Hasilnya langsung disampaikan kepada kemenag wilayah. “Hasilnya langsung kami sampai ke kemenag wilayah dan kemudian kemeng pusat,” kata dia sore itu.

Karena menurutnya, hasil dari rukyat tersebut menjadi bahan sidang isbat di Kemenag Pusat.”Sebagai bahan acuan dilaksanaan tim Kudus sama Pati tidak berhasil melihat hilal sebagai bahan sidang kemenag pusat se-Indonesia salah satunya Kudus,” pungkasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
BREAKINGNEWS